10 Cara Efektif Untuk Mendisiplinkan Anak. Orang Tua, Wajib Baca !


Disiplin adalah proses bimbingan yang bertujuan menanamkan pola perilaku tertentu, kebiasaan-kebiasaan tertentu atau membentuk manusia dengan ciri-ciri tertentu. Terutama, yang meningkatkan kualitas mental dan moral. Jadi inti dari disiplin ialah membiasakan anak untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan aturan yang ada dilingkungannya.

Disiplin dapat mencakup pengajaran, bimbingan atau dorongan yang dilakukan orangtua kepada anaknya. Menerapkan disiplin kepada anak bertujuan agar anak belajar sebagai mahluk sosial. Sekaligus, agar anak mencapai pertumbuhan serta perkembangan yang optimal. Ini dia 10 cara efektif agar anak disiplin :

1. Konsisten (tidak berubah)

Ada kesepakatan antara ayah dan ibu tindakan dalam menanamkan disiplin tidak berubah

2. Jelas

Berikan aturan yang sederhana dan jelas sehingga anak mudah melakukannya dan mentaatinya

3. Memeperhatikan harga diri anak


Janganlah menegur anak dihadapan orang lain, karena hal itu akan membuat anak merasa malu sehingga tetap memperhatikan kondisi walau hanya sekedar menegur seorang anak

4. Beralasan dan dapat dimengerti

alasan tata tertib yang dilakukan itu perlu dijelaskan kepada anak, sehingga anak melakukannya dengan penuh kesadaran


5. Memberi hadiah


hadiah berupa pujian, penghargaan, barang atau kegiatan (membolehkan bermain, menonton tv dan lain-lain selama itu positif)

6. Hukuman

orang tua harus hati-hatu dalam memberi hukuman, jangan sampai menyakiti fisik ataupun jiwa anak. hukuman tidak dapat diberikan terhadap anak dibawah anak usia 3 tahun. Hukuman adalah pilihan terakhir.

7. luwes

jangan terlalu kaku dalam menegakkan disiplin, sesuaikan dengan situasi dan keadaan anak.

8. keterlibatan anak


Sebaiknya anak dilibatkan dalam membuat setiap tata tertib yang diberlakukan. sehingga ada satu kesepakatan yang adil jika suatu saat dia melanggar

9. Bersikap tegas


bersikap tegas bukan berarti bersikap kasar, baik dalam tindakan (fisik) maupun perkataan.

10. Jangan emosional

dalam menghukum anak, hindari emosi yang berlebihan.

Itu dia 10 cara efektif yang bisa orang tua lakukan ketika mendidik anak dalam kedisiplinan. Lakukan lah 10 cara tersebut maka kalian akan memiliki anak-anak yang kreatif , disiplin dan santun.
Top