Yang Gak Sadar, Ini Alasan Kalian Gak Bisa Lepas dari Gadget

Sadar gak sih kenapa kok kita ini kesannya ketergantungan banget sama gadget. Dikit-dikit cek instagram, cek WA, cek BBM. Wah sampai main keluar sama temen hangout juga harus buka HP. Ini mungkin salah satu alasan kalian ya..

1. Jumlah teman yang dimiliki sangat minim.



Salah satu alasan kenapa seseorang sangat menggemari bermain smartphone adalah jumlah teman bermain yang sangat sedikit dan jarang bertatap muka dengan orang lain. Alhasil, jam mengonsumsi sosial media lebih banyak daripada berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain. Hal ketergantungan pada sosial media dapat menyebabkan minimnya teman sepermainan.

2. Sulit untuk memulai pembicaraan dengan orang lain.

Orang yang lebih banyak diam biasanya sulit untuk berbicara atau mencari topik dengan orang yang baru dikenal. Maka, pelampiasannya adalah membuka smartphone dan melakukan apa yang bisa dilakukan melalui sosial media. Sulit memulai pembicaraan dengan orang lain biasanya disebabkan oleh jarangnya bergaul dengan orang lain atau bisa disebut dengan anti sosial (ansos). Maka, tak mengherankan jika lebih dari separuh harinya dihabiskan untuk bertatapan dengan smartphone.

3. Memiliki teman yang sangat aktif di sosial media.



Salah satu hal alasan orang tidak bisa lepas dari smartphone adalah sudah terbiasa berkomunikasi dengan orang lain melalui sosial media karena orang yang kita kenal jauh di seberang sana. Konon, jarak inilah yang menjadi alasan mengapa seseorang sangat membutuhkan sosial media dan sulit lepas dari smartphone.

4. Lebih banyak waktu menganggur daripada bekerja.

Waktu 24 jam dalam hidup manusia terkadang kurang bagi mereka yang sibuk dan memiliki banyak pekerjaan. Namun, tak begitu bagi orang yang pengangguran. Konon, mereka menghabiskan waktunya dengan mengotak-atik smartphone dan bercengkerama lama dengan sosial media. Jangan dibiasakan menganggur ya!

5. Jarang pergi keluar rumah dan merasa lebih nyaman di rumah.


Nyamannya suasana rumah sehingga membuat seseorang malas beranjak. Hal ini boleh dilakukan untuk waktu bersama keluarga di rumah. Namun, jika kamu benar-benar menganggur, yang terjadi adalah ketergantungan terhadap smartphone akan timbul dengan sendirinya.

6. Gemar kepo keseharian orang lain di sosial media.


Karena ingin tahu banget dengan kegiatan seseorang, kabar seseorang, atau update cerita seseorang, seseorang menggunakan sosial media sebagai salah satu wadah untuk mencari tahu. 'Dia udah punya pacar baru belum ya?' Kepoin Instagram-nya ah! 'Dia lagi sibuk ga ya?' Hmm, lagi online di Facebook ga ya?'


7. Karena di sosial media banyak beredar berita terbaru.


Salah satu fungsi terbaik sosial media adalah sebagai sarana menyebarkan informasi terbaru atau berita. Belakangan ini, sosial media menjalankan fungsi sebagai penyebar berita seputar informasi terbaru di berbagai aspek, seperti bidang ekonomi, lingkungan, pemerintahan, dunia hiburan dan lain-lain.

8. Kalo di sosial media, PDKT sama si doi bisa lebih lancar.



Terpisah oleh jarak dan waktu tak membuat kisah asmara satu dengan yang lain menjadi terpisah juga. Masih ada sosial media yang mampu menyatukan dua insan yang sedang kasmaran. Nah, ini dia salah satu fungsi sosial media kini. Sosial media mampu menjadi jembatan komunikasi melalui suara, gambar, dan file. Tapi, jangan sampai ada kesalahpahaman juga ya.

Nah itu alasan banyak orang gak bisa lepas dari smartphone, laptop atau sejenisnya. Jadi harap maklumya, tapi ya jangan gitu terus, manusia butuh q-time untuk bercakap langsung tanpa media yang "maya'.
Top