Waspadai 6 Penyakit ini paling sering diidap anak muda

Belakangan ini, banyak sekali jenis penyakit yang datangnya secara mendadak. Tak cuma menyasar mereka yang lanjut usia, penyakit berbahaya kini juga rentan menyerang anak muda.

Usia muda harusnya menghasilkan banyak karya gemilang, justru sebaliknya. Dilansir dari merdeka.com menjadi pribadi yang lemah dan rawan jangkit penyakit, tidak produktif.

Selain faktor keturunan, penyakit menyerang mereka di usia muda karena buruknya gaya hidup dewasa ini. Seperti pola makan tak teratur, merokok, konsumsi alkohol, kurang istirahat hingga tak pernah olahraga, hanya serentetan penyebab penyakit menjangkit tubuh manusia. Bila sudah begini, bersiaplah bisa jadi kematian akan mengincar di usia dini.

Berikut ini penyakit sering diidap anak di usia muda seperti dilansir nhc.uk:

1. Kolesterol dan Asam Urat


Kolesterol dan asam urat, bisa menjadi pemicu penyakit-penyakit berat, seperti stroke dan jantung. Sebuah penelitian dalam jurnal Annals of Internal Medicine dari Universitas California telah membuktikan bahwa anak muda di usia 20an, cukup rentan akan kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi dan asam urat yang menimpa usia muda, biasanya dikaitkan dengan obesitas walaupun tidak selalu terjadi. Jika remaja obesitas, kemungkinan besar mereka akan terkena kolesterol juga. Meski demikian, kolesterol tinggi dapat terjadi dalam keadaan lain.

Menjaga konsumsi makanan dan melakukan gaya hidup sehat adalah solusinya. Namun, jika sudah terlanjur terjadi, meminum obat penurun kolesterol sangat disarankan sebagai langkah awal. Jika kadar kolesterol Anda tetap tinggi, segera temui ahli gizi untuk melakukan diet rendah kolesterol.

2. Gangguan pernapasan


Penyakit pernapasan mencakup berbagai kondisi. Mulai dari kondisi asma biasa, hingga sampai ke paru obstruktif kronis (PPOK). Sebagian besar kasus gangguan pernapasan, atau sekitar 85 persen, karena terlalu banyak merokok. Sisanya, dipicu oleh paparan asap, bahan kimia dan debu di tempat kerja atau, sangat jarang, karena kecenderungan genetik langka.

3. Penyakit hati


Penyakit hati mengalami peningkatan sebesar 20 persen selama satu dekade terakhir. Penyakit ini berkembang diam-diam dan banyak orang tidak tahu dan menyadari kerusakan hati yang dialaminya, hingga akhirnya terlambat.

Tiga penyebab utama penyakit hati karena peminum berat, obesitas dan virus hepatitis (radang hati). Lebih dari sepertiga pria dan lebih dari seperempat wanita mengalami kerusakan hati dengan penyebab utamanya adalah asupan alkohol.

4. Kanker


Menurut Cancer Research UK, gaya hidup tidak sehat adalah akar penyebab dari sekitar sepertiga masyarakat di belahan dunia mengidap kanker. Meskipun ada lebih dari 200 jenis, namun kanker di paru-paru, payudara, prostat dan usus paling sering menyerang mereka di usia muda.

Merokok adalah penyebab dari hampir semua kanker paru-paru. Pola makan yang buruk dikaitkan dengan kanker usus, dan kanker pankreas. Sementara, minum alkohol disebut sebagai cikal bakal kanker payudara.

Meski demikian, ada harapan hidup buat mereka penderita kanker selama mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Selain itu, untuk mencegah banyak kasus kanker, inisiatif kesehatan publik seperti vaksinasi dan skrining diharapkan bisa menekan lahirnya kasus kanker.

5. Penyakit jantung


Para ahli mengatakan, kebanyakan kasus kematian dini akibat penyakit jantung, sebenarnya dapat dicegah. Merokok, kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, kolesterol, peminum berat dan kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor utama penyebab timbulnya penyakit jantung.

Untuk mengurangi risiko serangan jantung, cobalah melakukan banyak latihan olah tubuh. Terutama latihan aerobik seperti berjalan, berenang dan bersepeda juga mengatur pola makan. Kelebihan berat badan, dapat menambah beban pada jantung Anda.

6. Stroke


The Stroke Association melansir pertumbuhan penyakit stroke di Inggris. Data mereka menyebut, ada 150.000 orang mengalami stroke setiap tahun di Inggris.sesungguhnya penyakit ini bisa dicegah jika lebih banyak orang menyadari gejala dan mencari perawatan darurat.

Menurut British Heart Foundation, tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama dari stroke. Hampir satu dari tiga orang di Inggris memiliki tekanan darah tinggi dan hampir setengah dari mereka tidak menerima pengobatan untuk kondisi tersebut.

Cara yang baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi adalah dengan mengurangi asupan garam Anda.
Top