Waspada, Upaya Pemerintah Indonesia Tangkal Penyebaran Virus Zika


Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi tengah melakukan kroscek terkait kabar virus Zika sudah sampai ke Singapura.

Dilansir dari laman kompas.com Menlu Retno "Tadi pagi saya sudah berkoordinasi dengan Dubes kita di Singapura. Intinya, kami ingin mendapat informasi yang lebih lengkap mengenai kasus yang muncul,"

Selain itu, Menlu Retno juga sudah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Jika kebenaran berita itu sudah terkonfirmasi, pemerintah Indonesia melalui Menlu, Menkumham, dan Menkes akan bersinergi melaksanakan kebijakan agar virus Zika tersebut tidak sampai ke Tanah Air.

Retno belum mau mengungkapkan secara detail kebijakan apa yang dimaksud. Namun, intinya adalah peningkatan kewaspadaan agar virus Zika tidak menjangkiti Indonesia.

BACA JUGA : Wow! Mahasiswa Ini Gunakan Lendir Lele Sebagai Obat Luka Diabetes

"Karena Singapura, Indonesia, Malaysia semakin interconnected. Maka kita harus meningkatkan alertness (kewaspadaan) dan mencoba untuk mencegah kalau memang berita tersebut sudah confirmed benar," papar Retno.

Sebelumnya, otoritas Singapura telah mengonfirmasi 41 orang telah terinfeksi virus Zika.

Kementerian Kesehatan dan Badan Lingkungan Nasional dalam pernyataan bersama mereka pada Minggu (28/8/2016), menyebutkan, 34 orang telah pulih total dan tujuh orang masih dirawat.

Menurut Kementerian Kesehatan Singapura, sebagian besar orang yang terinfeksi adalah pekerja bangunan warga asing. Virus tersebut sebagian besar terdeteksi melalui pengetesan hari Sabtu (27/8/2016).

Dari paparan diatas, pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu menghawatirkan terkait kabar yang beredar tentang virus zika, yang terpenting adalah kita terus menjaga kesehatan dan kebersihan lignkungan tempat kita tinggal.
loading...
Top