WASPADA! Mengalami 5 Tanda Ini Berarti Kamu Mandul!

Salah satu hal yang selalu dinantikan setelah menikah apalagi kalau bukan momongan. Tapi nyatanya banyak yang sudah menikah tapi tidak kunjung punya anak, Jangan dibiarkan jangan-jangan itu mandul!



Kemandulan adalah saat dimana seseorang tidak dapat hamil dan memiliki anak. Pasti gak mau kan mengalami hal ini. Nah, 5 tanda berikut ini adalah tanda dari kemandulan seperti yang dikutip dari vemale.

1. Berusaha hamil sampai 6 bulan tanpa hasil


Sudah menikah dan mencoba untuk bisa segera hamil tapi belum ada hasilnya juga selama enam bulan? Hal ini bisa jadi tanda kemandulan. Periode waktu enam bulan merupakan waktu ideal untuk konsepsi. Jadi kalau sudah berusaha hamil dalam waktu ini tapi belum ada hasil, segera periksakan diri ke dokter.

2. Siklus Haid Tidak teratur dan telat


Kalau siklus haidmu sering telat atau tak teratur, ada kemungkinan kamu mandul. Sebaiknya segera periksakan diri untuk mengetahui apakah ada kemungkinan kamu mengalami Polycystic Ovarian Disease (PCOD).

3. Darah haid Keluar tak terkendali


Kalau saat haid, darah yang keluar banyak sekali dan berlangsung selama lebih dari lima hari, ada kemungkinan kamu mandul. Apalagi jika saat haid disertai gejala-gejala sakit yang tak biasa, segera periksakan dirimu ke dokter.

4. Nyeri Haid Tak Tertahankan



Kalau setiap haid, kamu sering mengalami nyeri haid yang tak tertahankan dan berlangsung lebih dari dua hari, ada kemungkinan kamu mengidap endometriosis yang bisa mengarah pada kemandulan.

5. Muncul Banyak Jerawat Batu Tiba-Tiba


Kalau wajahmu tiba-tiba dipenuhi jerawat batu (cystic acne) meski usiamu sudah di akhir 20 atau awal 30 tahun, ada kemungkinan kamu mengidap Polycystic Ovarian Disease (PCOD) yang dapat mengarah pada infertilitas.


Nah itulah 5 tandanya.. jangan disepelekan ya guys.. Jika mengalami hal-hal seperti diatas segera ke dokter dan memeriksakan diri. Semoga bermanfaat.
loading...
Top