Wajib Tahu : Mahasiswa UMM Dibalik Kesuksesan dan Keindahan Jodipan



Buat masyarakat Malang dan sekitarnya, Jodipan pasti udah sering terdengar. Apalagi buat anak-anak muda yang lagi seneng-senengnya foto-foto di tempat hitz. Bagi yang diluar Malang nih, atau yang udah pernah kesini tapi gak tau asal usul kok bisa di Indonesia ada tempat sekeren rumah-rumah ala Eropa. Ayo kita ulas siapa dalang dari terciptanya "Kampung Warna-Warni" ini.

BACA JUGA : Sangat UNIK : 'Rumah Warna Warni' di Malang Jawa Timur Ini, Banyak di Kunjungi Turis Manca Negara.

Otak dari terciptanya warna-warni Jodipan adalah 8 mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Mereka disebut "Guyspro". Berawal dari untuk memenuhi tugas mata kuliah. Awalnya mereka disuruh mencari perusahaan oleh dosennya, dan sudah mengajukan 4 nama perusahaan, namun dosen mereka justru menunjuk PT. Indana Paint yang memiliki produk cat yaitu Decofresh.



Awalnya berulang kali ditolak sampai mereka diberi nomor HP CEO PT. Indana oleh security di perusahaan tersebut, mungkin karena kasihannya ya. Mereka ditolak karena tidak membawa proposal, hingga akhirnya diberi pilihan yaitu untuk mencari sekolah atau kampung untuk digarap.
Dan akhirnya dipilihlah RW 02 desa Jodipan,  Blimbing, Malang. Yang mana RW ini mencakup RT 06, 07, dan 08 dan dihuni 100 kepala keluarga.

Saat sudah benar-benar diputuskan dan disetujui dilanjutkan presentasi di desa Jodipan dan dihadiri oleh Pak RW yaitu Pak Parin. Dan dilanjutkan "Pembukaan Decofresh Warnai Jodipan" pada 22 Mei lalu. Lalu Pak RW mengarahkan warganya untuk melakukan perngerjaan Kampung Warna-Warni ini. Dan dibantu oleh tim PASKHAS Angkatan Udara dalam pengecatan dan pembersihan kampung yang dulu dikenal pemukiman kumuh ini.



Nah sekarang dari ide mahasiswa dan dukungan dari perusahaan bisa terwujud kampung yang menginspirasi ini. Jadi tempat atau destinasi wisata baru di Kota Malang dengan biaya miring, yaitu gratis. Hanya membayar parkir, kalian bisa mendapatkan foto seperti diluar negeri.



Dan terbukti dengan usaha mereka, sekarang usaha mereka diakui oleh beberapa pihak. Seperti peghargaan diatas dari KNPI dan Kota Malang mendapat Piala Adipura Kirana. Semua gak lepas dari inovasi Kampung Warna-Warni. Semoga pemuda Indonesia mencintai lingkungan ya. Ayo berkarya untuk Indonesia, Karena saat Indonesia berusia 100 tahun kemerdekaan, kitalah pemegang dan pemimpin bangsa.


Top