Wajib Dicoba! 7 Resep Jus Khusus Untuk Detoksifikasi Tubuh Secara Alami



Di zaman modern, meminum segelas jus tidak hanya bertujuan untuk menghilangkan haus. Ada resep jus buah maupun sayuran khusus untuk detoksifikasi yaitu mengeluarkan racun dalam tubuh secara alami.

Penggunaan media jus untuk terapi kesehatan tidak hanya didasarkan pada mitos namun sudah banyak penelitian yang menemukan fakta bahwa kandungan alami dalam buah-buahan dan sayur mampu menjaga kesehatan tubuh orang yang rajin meminumnya.

Tahukah anda, makanan instant yang anda konsumsi sehari-hari mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan?
Penggunaan bahan-bahan tambahan seperti gula, karbohidrat serta lemak akan menghasilkan racun dan radikal bebas yang mengalir dalam darah tanpa anda sadari.

Sebenarnya ada cara paling mudah untuk mengeluarkan racun (detoksifikasi) yang ada dalam tubuh yaitu dengan meminum air putih minimal 8 gelas sehari. Fungsinya untuk memaksimalkan kinerja organ-organ tubuh sehingga racun akan terbawa bersama air kencing maupun keringat.

Kenapa memilih minum jus untuk membersihkan racun yang terpendam dalam tubuh?
Perlu anda ketahui, salah satu penyebab terjadinya penumpukan racun, kotoran serta radikal bebas adalah pola hidup yang tidak sehat. Dengan mengkonsumsi olahan jus buah maupun jus sayur, anda sudah menjalankan salah satu pola hidup sehat karena dalam proses pembuatan jus tidak menggunakan bahan-bahan yang mengandung zat kimia.

Sedangkan menurut wolipop.detik.com 9 bahan alami yang mampu membantu tubuh dalam proses detoksifikasi adalah Apel, bit, seledri, bawang merah, kubis, bawang putih, lemon, jahe, dan wortel.

Baca Juga : Sembilan Merek Pembalut di Indonesia Mengandung Zat Berbahaya "Klorin"

Berikut ini daftar resep jus kesehatan khusus untuk detoksifikasi sehingga tubuh tetap fit, tidak mudah sakit serta mengembalikan mood yang hilang.

Aneka Resep Jus Sehat Untuk Detoksifikasi Secara Alami

1. Jus wortel jahe

gambar jus jahe wortelPersiapkan bahan-bahan utama yaitu beberapa potong jahe, 1 wortel, buah bit dan ½ buah apel. Potong-potong menjadi bentuk dadu agar mudah hancur kemudian masukkan ke dalam blender lalu proses sampai lembut. Tuang ke dalam gelas kemudian tambahkan es batu untuk menambah kesegaran jus. Anda tidak perlu menambahkan gula karena sudah ada wortel yang berfungsi sebagai pemanis alami.

2. Jus apel jeruk

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah satu buah apel, ½ jeruk manis, almond dan ½ ubi jalar. Setelah semua bahan dibersihkan, potong kecil-kecil lalu blender hingga halus. Resep jus ini mengandung kalium, protein serta elektrolit yang akan mengembalikan semangat dan mood saat anda merasa letih, lelah dan tidak bergairah.

3. Jus kiwi kayu manis

gambar 2Untuk menjaga kondisi tubuh saat musim dingin, anda bisa membuat minuman hangat seperti wedang jahe atau jus hangat berikut ini. Bahan yang dibutuhkan yaitu buah kiwi, jeruk manis, grapefruit serta sejumput kayu manis untuk menambah keunikan rasa. Minuman kesehatan ini sangat berguna untuk menjaga tubuh tetap fit karena mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta adanya kandungan vitamin yang berlimpah.

4. Jus buah persik

Apabila anda mengalami masalah kesehatan yang mudah lelah serta mengantuk dan hal tersebut bisa mengganggu kegiatan anda sehari-hari, cobalah resep jus sehat satu ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan : buah persik matang, sirup leci serta air kelapa secukupnya. Selain mapu membersihkan racun yang ada di dalam tubuh, resep ini berkhasiat untuk menghindarkan anda dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

5. Jus mangga stoberi

gambar 3Anti-oksidan merupakan salah satu zat yang dibutuhkan dalam proses detoksifikasi. Namun, anda tidak usah khawatir karena alam sudah menyediakannya secara gratis. Siapkan satu buah mangga, tiga atau empat stroberi dan segelas blueberry (jika ada). Proses menggunakan blender sampai halus dan tercampur rata kemudian sajikan dengan menambahkan es batu untuk menambah kesegaran jus yang anda buat.

6. Jus apel ceri

Beragam jenis vitamin juga diperlukan oleh tubuh agar dapat membersihkan racun secara maksimal. Kombinasi bahan-bahan alami seperti apel, pir dan ceri dalam segelas jus sehat hanya mengandung 192 kalori. Namun jangan salah, di dalamnya terkandung vitamin A, B kompleks, C dan E, serta lutein yang dapat memperkuat tulang dan melawan penuaan sehingga anda memperoleh tiga manfaat kesehatan secara langsung.

7. Jus sayur kale

Zat besi menjadi salah satu kunci kesehatan organ-organ tubuh. Anda membutuhkannya untuk menjaga darah tetap sehat dan membuang racun-racun yang terkumpul akibat radikal bebas maupun polusi dari luar. Sediakan kale (borecole), apel hijau, anggur hijau dan mentimun. Potong kecil-kecil kemudian blender sampai hancur. Jus ini kaya akan besi dan vitamin A sehingga dapat membantu organ tubuh bekerja secara maksimal.

Dengan daftar resep di atas, anda bisa memilih salah satu untuk memulai menjalankan pola hidup sehat. Anda bisa mencoba resep satu per satu untuk menemukan rasa yang paling cocok sesuai selera anda dan meminumnya secara teratur setiap hari.

Selain bermanfaat untuk detoksifikasi yang bisa menyebabkan penyakit, meminum segelas jus sehat setiap hari akan membangkitkan mood, semangat dan pikiran positif.
loading...
Top