Tisu Basah Bisa Jadi Pengganti Sampo? Ya.. Dan ini 8 Fungsi Tisu Basah yang Jarang Diketahui



Tisu basah pada umumnya banyak digunakan untuk membersihkan tubuh bayi. Karena fungsinya yang khusus maka produk ini pun banyak yang diciptakan khusus bayi. Namun, tahukah Anda bahwa tisu basah juga bisa untuk mengobati gigitan serangga, merapikan alis, bahkan mengilapkan bahan kulit?

Ya, Anda tinggal memilih tisu basah mana yang paling sesuai dengan kebutuhan untuk digunakan pada keperluan yang berbeda. Berikut adalah beberapa contohnya.

1. Mengobati gigitan serangga

Jika kulit Anda terkena gigitan serangga yang menyebabkan gatal, coba gunakan tisu basah untuk meredakannya. Pakailah tisu basah yang mengandung zat antialergi dan antigatal. Kedua bahan itu biasanya terdapat dalam tisu basah untuk bayi dan kulit sensitif.

Usapkan ke bagian kulit yang terasa gatal. Kulit akan terasa nyaman dalam beberapa saat.

2. Masker wajah

Penata rias yang juga narablog Christina Marrale dari BeautyQueenBlog.com seringkali menggunakan tisu basah sebagai masker. Terlebih ketika dia dalam perjalanan yang mengharuskan naik pesawat.

Suhu di pesawat memang cenderung membuat kulit kering. Jika Anda tak membawa pelembap, cobalah memakai tisu basah untuk membuat kulit tetap lembap.

Caranya, pilih tisu basah yang mengandung vitamin E. letakkan di wajah selama 3 sampai 5 menit. Wajah akan lebih lembap dan segar.

3. Pengganti sampo

Jika tidak sempat keramas namun dituntut untuk selalu tampil sempurna, mungkin Anda harus mencoba tip yang satu ini.

Bagi rambut menjadi beberapa belahan. Gosok perlahan tiap kulit kepala di belahan rambut dengan tisu basah. Segala kotoran dan minyak yang melekat pada kulit kepala dan akar rambut akan terangkat dengan cara ini. Rambut menjadi lebih bersih, segar dan tidak lepek.

4. Merapikan alis

Bentuk alis yang selalu indah dan rapi memang jadi idaman para perempuan masa kini. Apalagi dengan banyaknya tren ragam alis yang bermunculan.

Untuk menjaga alis tetap rapi biasanya Anda dapat menggunakan gel khusus alis atau maskara bening. Namun jika tak dapat menemukannya, tisu basah juga dapat Anda manfaatkan.

Baca Juga : Tak Perlu Mahal, Ini Cara Buat Tisu Basah. Sangat Mudah loh!!

Usap perlahan alis yang sudah dibentuk dengan pensil alis menggunakan ujung tisu basah. Rapikan bulu-bulu alis dengan jari Anda.

5. Menghapus riasan

Membersihkan wajah wajib dilakukan saat malam hari. Debu dan minyak yang melekat dapat menyebabkan jerawat.

Jika tak sempat membersihkan wajah dari kotoran atau riasan, Anda dapat menggunakan tisu basah. Pilih yang tak mengandung sabun. Wajah lebih bersih seketika tanpa mencucinya dengan air.

6. Mendinginkan kulit terbakar

Kulit terasa perih setelah terbakar matahari pantai sewaktu berlibur? Coba dinginkan dengan tisu basah.

Ambil tisu basah khusus bayi yang memiliki formula yang lembut di kulit. Kompres bagian kulit yang terbakar dengan tisu basah. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menaruh tisu di lemari pendingin terlebih dahulu. Cara ini akan mengurangi rasa perih dan panas pada kulit.

7. Mengilapkan bahan kulit

Memiliki koleksi tas atau sepatu berbahan kulit memang butuh perawatan khusus. Jika tak sempat membawanya ke tempat pencucian khusus tas atau sepatu, tisu basah bisa Anda gunakan.

Usapkan tisu basah untuk membersihkan kotoran pada bagian kulit tas atau sepatu Anda. Selain menjadi lebih bersih, bahan kulit koleksi Anda juga jadi tetap lembut.

8. Membersihkan mainan anak

Kadang membersihkan mainan si kecil jadi melelahkan karena Anda harus memastikan semua mainan secara higienis. Terlebih Anda yang memiliki balita.

Coba sesekali untuk membersihkannya dengan tisu basah. Pilih tisu basah yang khusus bagi bayi. Tisu basah jenis ini dapat membersihkan mainannya sekaligus lebih aman jika masuk ke mulut.

Sekarang jadi tahu kan uniknya fungsi tisu basah. Sebenarnya anda juga bisa membuat sendiri tisu basah ini. Lihat disini.
Top