Ternyata Inilah 3 Pembuktian Mengenai Isu Homosexual Serial Teletubbies Versi Mahasiswa Unpad

Pasti pada tahu kan film Teletubbies yang menceritakan 4 badut yang berbeda warna menghibur di layar Televisi beberapa tahun yang lalu? Yap, ternyata banyak sekali misteri yang tersembunyi dalam film ini, salah satunya mengenai Homosexual.



BACA JUGA: Pernah Jadi Film Favorite Anak, Tapi Tahukah Anda Pemeran Yang Di Balik Kostum Teletubies ??

Hasil mengejut dari penelitian yang dilakukan 5 Mahasiswa Unpad, menemukan terdapat 3 tanda visual yang nyiratkan isu homosexual dari salah satu tokohnya. "Penelitian ini dilakukan mengingat adanya kontroversi mengenai isu homoseksualitas dalam tayangan tersebut," demikian keterangan yang dimuat laman unpad.ac.id, sebagaimana dikutip Dream.

Lima mahasiswa yang melakukan penelitian itu adalah Lidya Permata Sari, Annisa Hida Robbiani, Vera Citra Utami, Shifa Amali Firdaus, dan Rio Alfajri. Mereka dibimbing oleh Kasno Pamungkas, yang merupakan dosen program studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya Unpad.

Penelitian ilmiah ini dilakukan secara kualitatif dengan metode analisis deskriptif-interpretatif. Ketua tim riset, Lidya, mengatakan, penelitian ini bertujuan melihat tanda-tanda visual dalam tayangan Teletubbies, khususnya pada tokoh Tinky Winky yang menyiratkan isu homoseksualitas.



Hasil analisis itu dikaitkan dengan nilai-nilai penyiaran yang ada di Indonesia untuk menemukan apakah terdapat penyimpangan nilai-nilai penyiaran yang ada di Indonesia. Analisis tanda visual dilakukan melalui tabel semiotika Barthes, seorang pakar semiotika modern.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya tiga tanda visual yang menyiratkan isu homoseksualitas, yaitu antena  segitigaterbalik, penggunaan tas merah, dan juga penggunaan  rok balet oleh Tinky Winky.

Simbol segitiga terbalik memang kerap diidentikkan dengan perilaku homoseksualitas. Demikian pula dengan item tas merah dan rok oleh Tinky Winky.

Selain itu, analisis ini menemukan ketidaksesuaian tayangan Teletubies dengan beberapa nilai yang terkandung dalam aturan-aturan penyiaran di Indonesia, yang terdiri dari Undang-Undang RI No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, Peraturan Pedoman Penyiaran (P3) dari KPI, dan Standar Program Siaran (SPS).

Wah.. Mengejutkan banget ya. Bagaimana menurutmu? Apakah serial ini berbahaya bagi anak yang masih kecil dan begitu polos?
loading...
Top