Ternyata, Beginilah Proses Terbentuknya Lubang di Gigi


Apakah Anda pernah merasakan sakit gigi sebelumnya? Rasa sakit yang bersarang di rongga mulut ini bermacam-macam penyebabnya, mulai dari karena gigi berlubang, terkena bakteri, dan mungkin gara-gara gigi yang hampir lepas dari gusi. Namun ketika gigi Anda berlubang apakah sebelumnya Anda menyadari bagaimana proses dari berlubangknya gigi Anda?

Menurut sebuah penelitian yang dilansir merdeka dari boldsky.com, gigi berlubang terjadi di dua lapisan luar gigi. Kedua lapisan ini sendiri berfungsi untuk melindungi jaringan dalam gigi dimana saraf dan pembuluh darah berada. Kemudian bakteri yang terkumpul karena kebersihan di dalam mulut tidak maksimal akan membentuk rongga dan saat mengenai saraf, muncullah rasa nyeri atau sakit gigi.

BACA JUGA : Baca Nasib Anda Melalui Garis Pada Pergelangan Tangan

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan munculnya lubang di gigi seperti kebiasaan mengonsumsi makanan keras yang akhirnya mengikis lapisan gigi, mulut yang kering, hingga rendahnya kualitas kebersihan mulut.

Selain butuh suntikan vitamin D untuk memperkuat gigi, di sisi lain mulut yang kering atau kekurangan air liur juga berkontribusi untuk membuat gigi berlubang. Sebabnya air liur berfungsi untuk membersihkan jamur dan bakteri yang bisa membentuk lubang di gigi.
Top