Terima Bonus Miliaran Rupiah, Foto Owi-Butet VS Veteran Jadi Meme



Pasangan pebulu tangkis ganda campuran Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir atau yang akrab disapa dengan Owi-Butet, mendapatkan hadiah miliaran rupiah dari Kemenpora.

Tak hanya mendapatkan hadiah masing-masing 5 miliar, pasangan yang telah meraih emas pada gelaran Olimpiade Rio 2016 di Brazil ini, juga mendapatkan tunjangan hari tua 20jt tiap bulan.

Tak hanya Owi-Butet, peraih medali perak yakni atlet angkat besi, Eko Yuli Guna, dan lifter Sri Wahyuni juga mendapat bonus Rp2 miliar dari pemerintah. Mereka akan mendapat tunjangan hari tua sebesar Rp15 juta.

Namun, ditengah gelontoran bonus bagi para ‘pahlawan’Indonesia diajang pesta olahraga sejagat itu, muncul sebuah meme yang menyentil pemerintah. Meme tersebut menampilkan foto Owi-Butet dan dua veteran perang.

Foto yang berisi dua gambar ini terbagi dua. Pada sisi gambar Owi-Butet tertulis, “Yang mengisi kemerdekaan RI Rp5 miliar”. Sedangkan di gambar dua orang veteran yang tengah makan nasi bungkus tertulis, “Yang memerdekakan RI Rp....?”.

Baca Juga : NGAKAK : Istri Mukidi yang Diintip Tetangganya

Munculnya meme ini memang bukan tanpa alasan bila melihat perhatian pemerintah terhadap hidup orang-orang yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia di hari tuanya.

Berdasarkan PP Nomor 67 Tahun 2014 nominal tunjangan untuk veteran hanya dikisaran Rp1,4 juta hingga Rp1,6 juta. Data Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) menyebutkan bahwa per Juni 2011 terdapat sekira 915.588 veteran di Indonesia.

Sebagian besar dari mereka masih hidup di bawah garis kemiskinan meskipun pemerintah telah memberi tunjangan setiap bulan. Muncul meme ini mungkin untuk mengingatkan pemerintah agar lebih memperhatikan hidup para pejuang kemerdekaan kita.

Seperti kata Bung Karno, “jangan sekali-kali melupakan sejarah”. Veteran Indonesia adalah penoreh dan pelaku sejarah karena tanpa mereka tidak akan ada sejarah. Melupakan nasib veteran sama saja melupan akar dari sejarah itu sendiri.

Semoga menjadi teguran pemerintah untuk lebih memperhatikan para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia ini.
Top