PENELITIAN : Berhenti Merokok Hingga Tiga Bulan, Maka Anda Tidak Akan Ketagihan Rokok Lagi

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 21 Aug 2016

PENELITIAN : Berhenti Merokok Hingga Tiga Bulan, Maka Anda Tidak Akan Ketagihan Rokok Lagi

Peneliti dari Jerman mengatakan apabila seseorang bisa berhenti merokok setidaknya selama tiga bulan maka produksi dopamin di otak bisa pulih.

Apa itu dopamin? Dan apa hubunganya dengan rokok?

Studi terbaru yang dipublikasi di jurnal Biological Psychiatry melihat efek pengurangan produksi dopamin dapat kembali normal apabila perokok mau bertahan.

Dopamin adalah hormon yang berkaitan dengan rasa senang dan adiksi. Contoh pada kasus seorang perokok produksi dopamin ini di otak akan berkurang semakin sering ia merokok. Dampaknya sensasi kepuasan atau rasa senang yang ditimbulkan rokok juga akan berkurang karena tubuh sudah terbiasa.

Baca Juga : "Berhenti Merokok Bisa Kurangi Teman" Ternyata itu Salah Kaprah. Ini Faktanya

Oleh sebab itu untuk memperoleh rasa senang yang sama seperti saat pertama kali merokok, seseorang lama-kelamaan membutuhkan lebih banyak rokok. Hal Inilah yang menjadi dasar proses kecanduan membuat sulit untuk lepas.

Pemimpin studi Dr Lena Rademacher of Lubeck mengatakan pindaian otak pada 15 perokok dan 30 orang nonperokok membuktikannya. Ketika pindain dilakukan pertama kali saat responden masih merokok ditemukan otak mereka memiliki pengurangan produksi dopamin sekitar 15-20 persen dibandingkan nonperokok.

Responden yang merokok kemudian diberikan terapi untuk bisa berhenti selama tiga bulan lalu diperiksa kembali. Hasilnya ditemukan tidak ada perbedaan kapasitas otaknya memproduksi dopamin dengan responden yang tidak merokok.

Baca Juga : MENGEJUTKAN : Hal-hal ini yang Mungkin Terjadi Bila Harga Rokok Jadi Naik

"Pada kasus di mana ada keadaan tertentu, abnormalitas di otak diperkirakan akan tetap ada meski sudah berhenti merokok. Sebaliknya jika fungsi dopamin bisa normal dengan berhenti merokok ini merupakan indikasi bahwa perubahan memang karena disebabkan oleh konsumsi zat," ujar Lena seperti dikutip dari Reuters, Jumat (12/8/2016).

Nah, cobalah anda untuk bisa berhenti merokok selama 3 bulan, InsyaAllah anda akan tidak ketagihan untuk menghisap roiok lagi karena produksi dopamin dalam tubuh kembali normal meskipun tanpa rokok.

SHARE ARTIKEL