Sudah Ketemu! Ini Dia Solusi Untuk Kuota Haji yang Selalu Penuh dan Akan Berlaku di Tahun Depan

Salah satu masalah yang dihadapi Indonesia saat ini adalah kuota haji yang selalu saja penuh. Akibatnya, banyak anak yang masih kecil sudah didaftarkan oleh orang tuanya. Tapi tenang saja, kabarnya menteri agama punya solusinya nih!



BACA JUGA: Jangan Tinggalkan 5 Hal Ini Ketika Akan Menikah Jika Tidak Ingin Menyesal, Terutama Nomor 3

Dikutip dari Indozone, Untuk mengatasinya, DPR meminta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melobi negara-negara lain agar bisa memanfaatkan kuota haji mereka dialihkan ke Indonesia.

"Komisi VIII DPR RI mendesak Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin untuk meningkatkan diplomasi dengan Pemerintah Arab Saudi dan melakukan kerjasama dengan negara yang memiliki sisa kuota tidak terpakai agar dapat diberikan ke pemerintah Indonesia," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher, usai rapat kerja dengan Menteri Agama di Gedung DPR RI, Senin, 29 Agustus 2016.

Mendengar kritikan dari DPR itu, Menag Lukman Halim menjamin mulai tahun depan tidak terjadi lagi potongan 20% seperti beberapa tahun terakhir. "Tahun ini pemerintah Arab Saudi berjanji akan menuntaskan rehabilitasi, tahun depan kembali normal, tidak terpotong 20 persen," ujarnya.

Terkait usulan supaya pemerintah melobi Arab Saudi agar membolehkan Indonesia menggunakan kuota haji negara lain, Lukman menjawab sudah pernah dicoba, tapi belum berhasil karena tidak ada regulasinya. "Bagaimana kuota negara lain yang tidak digunakan itu bisa digunakan Indonesia. Sehingga memperpendek antrean. Tapi yang jelas kita sudah upayakan," ujarnya.

Dia juga menambahkan, kelonggaran diantara negara di ASEAN hanya ada di Filipina. Sementara Thailand dan Brunei harus menunggu 2-3 tahun. Bahkan Singapura hingga 34 Tahun dan yang paling parah adalah Malaysia yakni 70 Tahun!.

Semoga dengan cara Ini masalah kuota haji Di Indonesia bisa cepat teratasi dan cepat terealisasi.
Top