Sebenarnya Bakat Mudah Diketahui, Begini Caranya!


Bakat bisa dikatakan merupakan elemen yang penting dalam menunjang keberhasilan setiap individu. Karena bakat itu bisa mempengaruhi minat seseorang, bagaimanapun seseorang dipaksakan melakukan suatu hal untuk ditekuni mungkin bisa saja menghasilkan. Namun hal itu tak akan dapat membuat pekerjaan itu bisa maksimal.

Karena itu bakat merupakan hal yang berkaitan erat dengan masa depan seseorang. Bakat merupakan kemampuan bawaan yang perlu digali lagi potensinya.

Psikolog Anak dan Remaja dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPT UI) Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan, sebenarnya bakat dapat dengan mudah ditelusuri. Caranya?

"Coba perhatikan setiap aktivitas yang dilakukan. Mana yang Anda merasa sangat suka dan tidak bosan untuk membicarakannya terus menerus," ujar Vera saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, dikutip dari money.id.

Setelah itu, perhatikan kembali apa aktivitas yang tidak pernah merasa lelah dilakukan. "Misalnya pulang kerja atau pulang larut malam walaupun capek tetap dilakukan," ujarnya.

Vera mengatakan, jika sudah menemukan bakat tersebut, lebik baik gali lebih dalam. Jika nantinya berhasil, akan ada kebanggan tersendiri.

Baca Juga : 14 Mitos Tentang Perawatan Bayi.

Terakhir, buatlah target dalam hidup untuk mencapai potensi tersebut namun tetap sesuai dengan kemampuan pribadi.

"Modalnya balik lagi ke dalam diri. Kalau kita suka, biasanya apapun jiwa dan raga itu bisa dilakukan. Misalnya gagal, lakukan terus sampai berhasil," ucap dia.

Bila diperhatikan kata-kata dari psikolog tersebut memang benar, bila kita sudah menyukai sesuatu biasanya apapun akan kita usahakan untuk memenuhi keperluan hal tersebut. Mungkin itu bisa disebut juga hobi kita, namun tak bisa dipungkiri bidang itulah bakat kita. Jadi sekarang apakah anda bisa menerka bakat dan minat anda di mana?
Top