Salut! Kembalikan Uang 20Juta, Cleaning Service Ini Diberi Penghargaan Bersamaan dengan Penyambutan Tontowi Ahmad!

Penulis Unknown | Ditayangkan 21 Aug 2016
Banyaknya kejahatan di Indonesia ternyata masih lebih banyak orang baiknya. Seperti kisah kejujuran seorang cleaning service bandara Berikut ini. Walaupun dia sangat membutuhkan uang, tapi dia tetap jujur ketika menemukan uang 20 juta.

Salut! Kembalikan Uang 20Juta, Cleaning Service Ini Diberi Penghargaan Bersamaan dengan Penyambutan Tontowi Ahmad!

BACA JUGA:  Mengejutkan! Beginilah Reaksi Orang Korea ketika Makan Kerupuk

Dkutip dari Instagram Indozone, Salah satu petugas cleaning service Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Rivan (sebelumnya ditulis Irfan, red), menemukan tas berisi Rp 20 juta dan barang berharga lain pada Kamis (18/8/2016).

Sebelumnya, Rivan melihat seorang penumpang pesawat yang tergesa-gesa masuk ke dalam toilet dan meletakkan tasnya disana.  "Dia kelihatan buru-buru. Pas keluar, itu tasnya enggak dibawa. Orangnya sudah keburu keluar, saya tunggu di dalam agak lama, tapi orangnya tidak balik," kata Rivan saat ditemui Kompas.com, Sabtu (20/8/2016).

Dengan jujur, Rivan mengantarkan tas itu kepada personel Aviation Security (Avsec) yang ada di dekat toilet. Bersama dengan Avsec, Rivan melihat tas tersebut dibuka. Betapa terkejutnya mereka ketika ta situ dibuka, nampak uang pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000 yang ditumpuk dan diikat dengan karet serta lima buku rekening dan dua ponsel.

Rivan yang baru saja bekerja sebagai cleaning service selama satu bulan itu langsung terkejut. "Jujur saya gemetaran. Enggak pernah lihat duit sebanyak itu. Saya jadi merinding kalau ingat-ingat lagi, kaget saya itu," tutur Rivan.

Menurut dia, teman-temannya sesama cleaning service di sana memang sering menemukan barang berharga yang tak sengaja tertinggal. Adapun tempat barang berharga sering tertinggal seperti toilet, ruang tunggu, ruang boarding, hingga lounge.

Sesuai prosedur, jika menemukan benda berharga atau mencurigakan, langsung diserahkan kepada Avsec atau polisi. Ketika penyerahan barang tersebut, cleaning service bersama petugas keamanan menandatangani formulir serah terima, baru barang ditangani oleh pihak keamanan.

Setelah barang diserahkan, Avsec menghubungi sang pemilik melalui salah satu identitas pemilik yang tertinggal di dalam tas. Selang 30 menit lebih, pemilik tas langsung datang dan mengambil barangnya itu. "Dia bilang terima kasih sama saya. Memang kalau di tempat saya kerja, selalu diutamakan soal kejujuran," ujar Rivan.

Terkait kejadian ini, Pihak PT Angkasa Pura II berencana memberikan penghargaan kepada Rivan. Penghargaan akan diberikan pada Senin (23/8/2016) bersamaan dengan penyambutan kedatangan pebulu tangkis peraih medali emas Olimpiade di Brasil, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

Salut deh buat mas Rivan. Kejujuran memang sulit, tapi berbuah manis kan.. Selain dapat pahala, dapat rejeki, juga dapat nama baik berupa penghargaan.
SHARE ARTIKEL