Saat ini passion bukan segalanya. Realistis saja kita butuh duit !


Salah satu karakter yang sangat melekat dijaman sekarang ini adalah kecenderungan mengagung-agungkan passion yang dianggap segalanya. Kita terlalu percaya kalau bekerja yang bukan passionnya bukan jaminan, mengejar impian jadi sebuah kewajiban. Dikehidupan ini gagal tidaknya bukan menjadi acuan kamu berkecukupan atau tidak. Justru kegagalan adalah ketika kita sudah menyerah.

"saya resign ajahlah, saya mau ngejar passion"

Sebelum kamu berfikir untuk meninggalkan pekerjaan yang sudah kamu punya, cobalah berifkir untuk kedua kalinya. Saat ini kebutuhan hidup menanjak sangat drastis. Sekarang ini dunia menuntut kita untuk hidup yang realistis. Sebelum kamu mengeluh karena merasa bekerja dibidang yang bukan passion kamu, lebih baik pertimbangkan beberapa hal ini sebelum resign.


1. Lelah dan jenuh didalam pekerjaan adalah hal yang wajar. Tidak menutup kemungkinan kamu akan merasakanya juga ketika mengerjakan suatu pekerjaan yang kamu cintai. 



Passion adalah hal yang sangat kompleks. Bila kamu mendengarkan kata motivator yang sudah terkenal, semuanya yang dibicarakan akan terlihat mudah. Kamu hanya perlu menemukan apa yang kalian sukai. Sesuatu yang rela kamu lakukan berulang-ulang tanpa kenal bosan. Faktanya, tak sedikit juga seseorang itu tidak mengenali passion nya dan passion yang seperti apa yang dimilikinya. Yang kalian anggap passion, bisa menjadi membosankan dan sewaktu-waktu kalian akan merasa tertekan juga .

Menemukan passion itu tidak mudah, bahkan kalian tak memiliki gambaran apa yang akan dilakukan ketika kalian memilih resign dari pekerjaan yang sudah dimiliki. Mengapa kalian harus menyerah dengan ketidakpastian ? hidup ini memang tak pasti, tapi bila pekerjaan yang kalian punya saat ini layak untuk dijalani kenapa harus berhenti ?

2. Berhenti dari pekerjaan yang menurutmu bukan passion mu ? lalu hanya berdiam diri saja memikirkan passionmu. Setelah itu, apa yang kamu dapatkan ? Think again ! 


Kebanyakan seseorang memikirkan passionnya ketika mereka stuck ditempat kerja. Melakukan sesuatu yang dipikirnya buka jalannya. Lalu seseorang itu merasan bosan dan tertekan. Kemungkinan besar di dalam pikirannya , dia bisa melakukan yang lebih namun bukan disini. Setelah resign, disisi lain ternyata mereka bingung menemukan passion yang memang pas untuk kehidupan dan karirnya. Menemukan passion tidak semudah yang kalian kira.

Sementara di dunia ini jelas membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk makan, untuk kesehatan, untuk semua tanggungan. Dulu stres karena pekerjaan , kini kalian stres karena tidak punya pekerjaan dan kembali membebani pikiranmu. Keadaannya jauh leih baik yang mana ? Kalian sendiri yang menilai.

3. Tidak ada pekerjaan yang tak menghasilkan dan sia-sia , kalian akan tetap menemukan hal baru dan bisa saja kalian menemukan passion kalian yang sebenarnya.

Pasti ada banyak hal yang kalian pelajari, kalian bisa mngembangkan dan memaksimalkan kemampuan yang kalian miliki. Mengejar passion memang tidak salah, bila berada ditempat yang tepat. Kalian bisa menjadi seseorang yang berkembang pesat jika kalian tekuni. Karena berkembang atau tidaknya potensi kalian bisa difaktori oleh lingkungan juga.


Namun bukan berarti kalian tidak akan mendapatkan apa-apa ketika bekerja di tempat yang kalian fikir bukan passionmu. Kalian bisa bertemu dengan banyak orang , kalian belajar apa itu teamwork, apa itu sosialisasi dan sebagainya,  yang paling utama kalian memiliki pemasukan yang tetap. Kalian bisa belanja bulanan, kalian bisa memberi sebagian gaji kalian ke orang tua, kalian bisa membeli apapun yang menjadi kebutuhanmu.


Jadi, passion itu memang penting, tapi bukan segalanya. Mimpi adalah awal dari segalanya, bermimpilah yang realistis. Toh kamu juga dapat bekerja dan bisa diimbangi dengan mencari passion diwaktu luang. Untuk menjadi sukses, kamu tak harus menuruti semua yang kamu fikir "ini adalah passionku".

Yang terpenting di dunia ini , ketika kamu melakukan sesuatu, lakukanlah dengan sepenuh hati dan dedikasi yang tinggi. Sebab tanpa dedikasi dan melakukanya hanya dengan setengah hati tentu saja rasa jenuh dan bosan akan selalu menghantui. Tak menutup  kemungkinan kalian juga bisa jenuh dan bosan meski kalian bekerja dibidang yang kalian cintai.





Hidup hanya sekali, manfaatkan peluang yang ada, syukuri apa yang sudah kamu miliki, dan jaga apa yang sudah kamu bangun. Passion memang penting, tapi realistislah saat ini, diluar passion kita juga butuh duit. Semangat !
Top