Petinggi Google Pamer Fitur Baru di 'Google for Indonesia', Apakah Itu ?


Pada 2017, eMarketer memperkirakan netter Indonesia bakal mencapai 112 juta orang, mengalahkan Jepang di peringkat ke-5 yang pertumbuhan jumlah pengguna internetnya lebih lamban.

Para Eksekutif Google berkumpul di Jakarta Indonesia untuk acara Google for Indonesia pada Selasa, 9 Agustus 2016. Acara yang diperuntukkan bagi para pengembang dan rekanan Google ini menerangkan aneka produk atau fitur baru yang dihadirkan Google untuk Indonesia.

Vice President Product Management Google, Caesar Sengupta, menyampaikan apa yang dihadirkan Google di Indonesia bertujuan untuk meningkatkan pengalaman melakukan aneka kegiatan hari-hari bersama Google.

“Indonesia adalah negara dengan mobile-first,” kata dia di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, dikutip dari tempo. Ia juga menjelaskan penggunaan perangkat mobile di Indonesia juga jauh lebih tinggi dari penggunaan perangkat komputer desktop.

Salah satu yang ditawarkan adalah Google Search versi Lite Mode. Fitur Lite Mode ini menawarkan kecepatan 5 kali lebih cepat pada koneksi 2G, 90 persen lebih hemat data dan 50 persen peningkatan lalu lintas ke website.

Selain Lite Mode, Google juga menerangkan kehadiran fitur Ride Sharing pada aplikasi Google Maps. Fitur ini menyuguhkan informasi perjalanan menggunakan moda transportasi online seperti Gojek, Grab dan Uber. Fitur ini bahkan memuat tak hanya informasi rute perjalanan namun juga estimasi biaya yang dibutuhkan ketika pengguna memilih layanan transportasi online.

Baca Juga : Meski Kerjaan Berkutat Dengan Komputer, Banyak yang Belum Tahu Fungsi Tombol Ini.

Fitur Ride Sharing ini bahkan dapat mengkoneksikan pengguna secara langsung ke aplikasi dengan mengklik salah satu pilihan informasi yang ditawarkan tanpa harus keluar dari aplikasi Google Maps.

Caesar menyampaikan ada tiga langkah yang akan digunakan Google untuk memperluas penggunaan internet di Indonesia. Ketiga langkah tersebut terdiri dari Akses atau peningkatan konektivitas, Platform atau mempermudah semua orang untuk membuat konten dan berbagi, serta Produk atau fitur Google yang dapat dimanfaatkan pengguna Google Indonesia untuk kehidupan sehari-hari.

Dalam acara selama satu hari ini, seluruh fitur dijelaskan oleh Google melalui masing-masing Vice Presiden mereka.

Wah, perusahaan raksasa ini makin giat untuk menggait para netter di Indonesia ya. Memang pertumbuhan pengguna internet di Indonesia saat ini sampai 100 juta dirasa luar biasa dari tahun ke tahun. Padahal pada tahun 2014 menurut lembaga riset pasar e-Marketer,  populasi netter Tanah Air hanya 83,7 juta orang. Dan perkiraan mereka pada tahun 2017 akan mencapai 112 juta orang. Bisnis yang luar biasa.
Top