Pasti Pada Salah Kaprah, Kirain Sama Aja, Ternyata...



Banyak gak sih yang bingung bedain United Kingdom (UK), Great Britain (Britania Raya), dan England (Inggris)? Pasti pada ngira sama, sama-sama Inggris. hahaa..

Duh enggak, ketiganya itu BEDA. Hati-hati kalo kesana dan salah sebut, bisa-bisa dimarahin tuh.
Kita kupas satu-satu ya.

UNITED KINGDOM atau UK


United Kingdom atau nama resminya United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland, terdiri dari INGGRIS, SKOTLANDIA, WALES, dan IRLANDIA UTARA.
Jadi di UK itu ada negara-negara dalam negara. Dipimpin oleh Ratu sebagai kepala negara dan Prime Minister (Perdana Menteri) sebagai Kepala Pemerintahan.


GREAT BRITAIN atau BRITANIA RAYA


Nah kalo Great Britain cuma terdiri dari 3 negara yaitu INGGRIS, SKOTLANDIA, dan WALES. Great Britain adalah Political Term dan Geographical Term untuk menunjukkan pulau terbesar di wilayah UK.

Orang Scotlandia dan  Wales kadang marah kalau mereka disebut orang Inggris atau referred to as “English”. Karena mereka tidak tingal di negara England dan mereka punya parlemen sendiri.Sering ada perbedaan jelas antara orang yang tinggal di masing-masing dari tiga negara di Great Britain.Hal ini karena berbagai kelompok masyarakat cenderung mengembangkan cara hidup dan kebiasaan mereka sendiri.Pusingnnya,dalam bahasa Indonesia,Britain dan England sama-sama diartikan Inggris,padahal sebenarnya beda.

ENGLAND atau INGGRIS


Ibukotanya London. England (=Inggris) merupakan negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya dari negara-negara bagian yang membentuk Persatuan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland).


Tuh dia tuh bedanya, jangan sampe salah sebut ya. Intinya dan singkatnya, perbedaannya adalah.
nggris itu adalah satu negara,  Britain = Wales+ Inggris, Great Britain = Wales+Inggris+Skotlandia, UK = Great Britain + Irlandia Utara. Cuma Utara karena di tahun 1922, wilayah Irlandia yang lain keluar dari persekutuan.
Moga-moga bermanfaat ya, ilmu yang baik kan harus disebarkan atau diamalkan. Jadi share ya.
loading...
Top