Noda Putih di Kuku, Tanda Kalo Ada Cewek/Cowok yang Naksir?

Berawal dari keinginan mengguntin kuku di hari jum'at sebagai salah satu sunnah dalam agama islam. Saat melihat bagian kuku terlihat bintik-bintik putih, itu pertanda apa ya. Selama ini tidak terlalu memperhatikan bintik putih pada kuku.



Noda Putih di Kuku... Tanda Kalo Ada Cewek/Cowok yang Naksir?
Banyak orang yang mengatakan jika melihat titik putih kecil di kuku berarti itu disebabkan oleh peredaran darah yang kurang lancar, kadar yang sangat rendah di dalam tubuh, kekurangan kalsium (atau malah terlalu banyak kalsium), pembentukan protein struktural yang kurang tepat di dalam tubuh dan lain sebagainya.

Pendapat yang lain juga mengatakan itu adalah akibat dari penyakit ginjal, alergi, infeksi jamur, perubahan kadar hormon, puasa, flu, dan infeksi virus. Tapi apakah semua pendapat itu benar? Mari kita simak pembahasannya…


Pandangan Secara Ilmiah



Kuku adalah lapisan kulit tanduk yang pada setiap jari tangan atau kaki, membantu Anda mengambil benda-benda kecil, dan dapat digunakan sebagai senjata untuk mencakar. Meskipun kuku tampak sederhana, kuku belum banyak dipahami, bahkan hingga saat ini. Kuku sebagian besar terbuat dari protein yang disebut keratin. Secara rata-rata, kuku jari tangan bertambah panjang 1 mm setiap 10 hari. Kuku lebih cepat panjang dan lebih lambat pada musim dingin, lebih cepat panjang pada orang dewasa muda aktif dan lebih lambat pada orang yang sangat muda dan sangat tua. Semua pertumbuhan kuku terjadi pada bagian pangkalnya, di dalam matriks kuku.

Di dalam matriks kuku, selalu dihasilkan sel-sel baru, dan ketika sel tumbuh, mereka membentuk kuku yang sebenarnya (disebut lempengan kuku) ke arah depan menuju ujung jari tangan atau kaki. Metabolisme matriks kuku sangat aktif, dan peka pada perubahan kesehatan Anda. kuku dapat mencerminkan aspek kesehatan yang berbeda dengan menjadi lebih tipis atau lebih tebal, patah atau beralur. Jika Anda menderita stress berat atau demam, kuku akan sangat lambat tumbuh, dan akan muncul alur-alur horizontal pada kuku Anda. ini disebut “garis Beau”. Di sis lain, para penggigit kuku sebaiknya tahu bahwa kebiasaan buruk mereka sebenarnya mempercepat pertumbuhan kuku. Beberapa penyakit paru-paru dan jantung (dengan alasan yang tidak diketahui) dapat mengubah bentuk kuku sehingga ujung jari terlihat seperti tongkat (club) kecil. Ini disebut “Clubbing”.

Lalu, bagaimana dengan titik putih ( resminya disebut punctate leuconychia ) pada kuku? Menurut para ahli kulit, titik putih itu tidak ada hubungannya dengan kadar seng atau peredaran darah. Biasanya hal ini disebabkan oleh kerusakan kecil pada matriks kuku yang membentuk kuku.

Tetapi, namanya juga orang, pasti mereka menghubung-hubungkan dengan hal-hal di luar akal sehat. Bagaimanapun juga kita selalu diberikan tanda-tanda dalam kehidupan, bintik putih pada kuku juga merupakan tanda kehidupan tersebut, bisa saja ini tanda keberuntungan kita. Biasanya bintik ini hanya bertahan sekitar empat bulan saja. Arti bintik putih di kuku bisa berbeda-beda, tergantung di kuku mana bintik ini muncul.


Mitos



Berikut penjelasannya :
1. Bintik putih pada jari kelingking biasanya pertanda akan mendapat keberuntungan pada hal yang berhubungan dengan rumah, real estate, atau pengambilan saham.
2. Bintik putih pada jari manis biasanya pertanda munculnya uang dan kemasyuran.
3. Bintik putih pada jari tengah biasanya pertanda sesuatu yang berhubungab dengan perjalanan.
4. Bintik putih pada jari telunjuk biasanya pertanda keberuntungan pada bisnis atau pekerjaan.
5. Bintik putih pada ibu jari, biasanya pertanda hubungan cinta atau kasih sayang yang membaik..

Semua itu hanyalah sebuah Mitos, kita tidak perlu menanggapinya secara serius, apalagi sampai meyakini hal tersebut. Anggap saja itu sebagai sebuah pemecut semangat untuk kita agar bisa hidup lebih baik.
Top