MOTIVASI IKHLAS : Belajar Ikhlas dari Samin



Apa sih makna ikhlas itu? Mungkin tiap orang akan berbeda memaknai arti ikhlas. Ikhlas itu mudah diucapkan, namun ikhlas itu letaknya dihati. Apakah ikhlas itu tak peduli atau cuek saat kita disakiti, bukan seperti itu juga konteksnya. Ikhlas itu adalah masalah hati. Seperti kasih sayang, pertemanan sejati itu letaknya dihati dan diwujudkan dalam perbuatan.

Ikhlas akan berbeda maknanya bila dilihat dari berbagai aspek yang berbeda. Dari aspek agama ikhlas bisa berarti melakukan amalan baik kepada Allah SWT maupun kepada sesama manusia dan hanya berharap ridhoNya tanpa mengharapkan imbalan apapun dari manusia saat kita berbuat baik padanya.

Sebaiknya kita belajar sifat ikhlas dari Samin berikut ini,

Cuplis : Abang ngasih ke duit ya ke si dia
Samin : Iya
Cuplis : Abang dibohongi itu, dia itu kan kaya
Samin : Ya sudah, bohong sama aku, bukan urusanku. Itu tanggung jawab dia dengan Allah SWT

Cuplis : Sandalmu mana bang, kok nggak pakai sandal?
Samin : Hilang
Cuplis : Nggak dicari siapa yang nyuri?
Samin : Enggak ah, aku dulu lahir juga nggak pakai sandal kok

Cuplis : Bang, Samin diomongin tuh sama dia
Samin : Ya udah, biarin aja
Cuplis : Bang Samin, nggak marah?
Samin : Sekarang kamu juga lagi omongin dia Plis, dia juga nggak marah

Cuplis : Bang, ayamu dimakan anjingnya Budi
Samin : Ya udah nggak apa-apa
Cuplis : Kok,...? Nggak minta ganti rugi bang?
Samin : Aku yang malah kaget kalo ayamku yang makan anjingnya

Cuplis : Bang, dah makan?
Samin : Belum plis
Cuplis : Sini tak kasih uang
Samin : Ogah, aku nggak mau. Kamu makan sendiri aja kalo mau makan uang

Baca Juga : MENGAGUMKAN, Alasan Mengapa MARK ZUCKERBERG Tak Persunting Istri Berparas Cantik

Cuplis : Bang, tamanmu di makan kambingnya Ali
Samin : Ya wajar kambingnya makan daun. Kalo kambingnya makan tembok, lah habis rumahku

Cuplis : Bang, pakaianmu yang kamu jemur dicuri
Samin : Ya sudah, memang salahku jemur pakaian diluar jadi pamer

Cuplis : Bang Samin kok, jalan motornya mana?
Samin : Hilang Plis
Cuplis : Motor hilang kok tambah senyam senyum
Samin : Untungnya motorku dicuri pas nggak tak naiki plis, repot malahan aku

Cuplis : Bang, gajimu itu lebih kecil dari dia
Samin : Ya udah syukuri aja
Cuplis : Kan nggak adil bang?
Samin : Adil itu nggak harus sama Plis. Kamu tak kasih makan rumput tak samakan sapi mau?

Cuplis : Bang, buah mangganya dicuri mereka
Samin : Nggak apa-apa
Cuplis : Kok...?
Samin : Kok pelit banget se, biasae dimakan codot juga nggak apa-apa

Cuplis : Bang Samin rumahnya habis dimasukki pencuri ya?
Samin : Betul
Cuplis : Kok betul, apa bang Samin tahu waktu pencurinya masuk?
Samin : Ya tahu plis, aku ngumpet malahan, soale aku malu nggak punya barang yang bisa ia curi

Lucu juga sih kata-kata Samin, itu kan kata-kata yang diucapkan. Tapi Ikhlas itu berada di hati Samin. Dan kita tidak tahu orang itu ikhlas atau tidak hanya dari perkataanya saja.
loading...
Top