Mengapa Nyamuk Berdengung di Sekitar Telinga Kita?



Saat musim penghujan mulai berakhir, biasanya makin banyak nyamuk bila disekitar tempat tinggal kita banyak genangan-genangan air. Hal ini akan sangat mengganggu sekali saat kita tidur, meskipun sudah memakai lotion anti nyamuk. Namun nyamuk masih berkeliaran. Dan sering kita mendengar suara nyamuk yang berdengung di dekat telinga. Walaupun tak menggigit, suara dengungan nyamuk cukup mengganggu, terutama saat mau tidur di malam hari.

Apa yang menyebabkan hal ini?
Nyamuk yang sering berdengung di dekat telinga kita biasanya tidak menggigit. Menurut Dr. Cameroon Webb, ahli kedokteran entomologi dari Universitas Sidney, nyamuk jenis ini merupakan nyamuk rumahan berwarna coklat. Tempat berkembangiaknya adalah di selokan dan genangan air di sekitar rumah.

Kita bisa mendengar suara kepakan sayapnya jika jaraknya kurang dari 30 cm. Berarti ketika mendengar kepakan sayapnya, nyamuk benar-benar dekat dengan telinga kita. Lantas apa yang dilakukan nyamuk di area tersebut?

Baca Juga : Ternyata Cabai Merah Bisa Digunakan untuk Obat Nyeri Sendi. Caranya Mudah

Dikutip dari CCNIndonesia, Dr Cameroon menjelaskan bahwa nyamuk cenderung berputar di sekitar kepala karena mereka tertarik dengan pola pernafasan kita, bukan karena ingin menggigit. "nyamuk aktif di sekitar kepala karena disitulah karbondioksida dikeluarkan”, kata Dr Cameroon.

Jadi cara biasa seperti menggunakan losion atau obat nyamuk lainnya tidak efektif untuk mengusir nyamuk jenis ini. Dibutuhkan alat untuk menghilangkan karbondioksida di sekitar wajah kita. Dengan begitu nyamuk tidak akan mendekat.

Salah satu caranya bisa menggunakan kipas angin. Kipas angin akan membantu melancarkan aliran udara. Kipas angin juga membuat nyamuk sulit terbang karena adanya hembusan angin yang kuat.

Cara lain yang lebih ampuh adalah dengan menggunakan kelambu. Kelambu akan mencegah nyamuk mendekati kita. Selain itu, cara ini akan mengurangi penggunaan bahan kimia pengusir nyamuk yang juga tak baik bagi kesehatan kita.

Nah, sekarang sudah tahu kan? Selanjutnya apa rencana anda yang masih terganggu dengan dengungan nyamuk saat tidur?
Top