Menanggapi, Kabar Mengenai Kakek Jompo yang Terlantar dan Ditinggalkan Keluarganya Ternyata Hanya Berita Bohong



Beberapa waktu yang lalu beredar status dan foto yang di buat akun facebook yang sudah tidak diketahui namanya, melalui akunnya tersebut ia menuliskan sebuah status " mesti minta bantuan kemana ya?, ini orang tua lagi sakit sakitan dan terlantar. Tidak ada yang merawat dia, badan nya sudah tidak bisa di gerak gerakin, saya tidak kenal saudara saudaranya dan anak anaknya.jadi sekrang cuma tidur tiduran di kasur.buang air besar dan pipis juga di tempat tidur. mohon bantuannya. saya kasihan lihanya" seperti yang dilansir dari kaskus.co.id



Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Barat menindaklanjuti adanya laporan Qlue dan Media Sosial Facebook mengenai Pria Lanjut Usia Telantar, Rabu (27/7), lansia tersebut berada di Jl. Jelambar Barat 2 Kelurahan Jelambar Baru, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Kepala Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Barat, Surya mengatakan pihaknya telah mengunjungi kakek tersebut, pada saat kunjungan, pihaknya ingin agar Lansia itu dibawa ke Panti Sosial Tresna Werdha milik Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta.

"Setelah kami telusuri asal dari kakek itu, ternyata menurut keterangan RT setempat, ia masih memiliki keluarga, pihak keluarga juga masih mau mengurus kakek tersebut," tandas Surya.

Ia melanjutkan, pihaknya juga heran kenapa kakek tersebut dikatakan telantar, menurut RT setempat kakek itu masih diurus keluarganya dengan memberi makan dan uang, bahkan kondisinya terawat.



"Kami hanya menindaklanjuti laporan warga, karena tugas kami di lapangan menindaklanjuti jika ada Permasalahan Sosial di Masyarakat, kami berikan alternatif juga seandainya kakek itu telantar maka akan kami bawa ke Panti, jika tidak lebih baik di keluarganya, karena Perawatan terbaik adalah keluarga," pungkas Surya.

Baca Juga : Keutamaanya Dzikir Pagi dan Petang Sesuai Tuntunan Rasulullah

Petugas Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta memantau Lansia yang dilaporkan terlantar, Kepala Seksi Dinas Sosial Kecamatan Grogol Petamburan, Ridwan mendatangi dan mengunjungi sang Lansia, kehadiran Ridwan disaksikan oleh pengurus RT dan tetangga sang Lansia. Laporannya sebagai berikut :





Kondisi rumahnya bagus, dilihat orang berada, Kakek tersebut mempunyai Keluarga namun tidak tahu di mana alamatnya, menurut Ketua RT setempat yang mengurus sang Kakek juga ada dan dibayar oleh Keluarganya, menurut Rt 05/Rw 011 keluarga dari Jompo tersebut ada, namun tidak mau menyebutkan alamat tempat tinggalnya hanya memberikan no. Telp 0816910831, dari Pihak Keluarga tidak mengijinkan orang tuanya untuk dibawa ke Panti.

Top