Masyaallah. Ternyata Rahasia Mengapa Jumlah Rakaat Subuh 2 Karena..



Selama ini mungkin kita sering bertanya-tanya tentang jumlah rakaat shalat fardhu (wajib). Kenapa Subuh hanya 2 rakaat, Maghrib 3 rakaat, sementara Zhuhur, Ashar dan Isya 4 rakaat. Dibalik perbedaan jumlah rakaat tersebut ternyata ada hikmah yang sangat besar untuk kaum muslimin.

BACA JUGA : Bocoran dari Allah Nih! Siapa Sih Jodoh Kamu Itu..

Kenapa sih jumlah rakaat sholat beda-beda. Subuh 2, kenapa ya cuma 2?
Pasti pertanyaan kayak gitu sebenernya sering muncul, tapi yaudahlah emang takdir. Jawaban umum nih. haha..

Tapi sesungguhnya ada hikmah dan kisah dibalik jumlah rakaat sholat subuh. Sholat subuh 2 rakaat karena saat tersebut adalah saat dimana manusia baru saja bangun dari tidurnya, terkadang rasa ngantuk masih mempengaruhinya dan kemalasan tidur masih berbekas, maka diringankanlah untuk shalat subuh hanya 2 rakaat.



Coba bayangin kalau Allah netapin subuh itu 4 rakaat, kebayang berapa orang aja yang mau sholat. 2 rakaat aja masih banyak yang males ngangkat selimut. Nih ya ada kata-kata, "Orang belum bisa dikatakan kuat, kalau gak bisa ngangkat selimut buat pergi ke masjid sholat subuh". Hayoo, pasti banyak ya.

Kisah dari Nabi juga ada kenapa subuh kok 2 rakaat. Jadi, dua rakaat Subuh melambangkan penyatuan jasad dan ruh. Shalat ini pernah diperintahkan kepada Nabi Adam AS gara-gara melanggar perintah Allah untuk tidak memakan buah khuldi. Ketika dilanggar, beliau dan istrinya, Siti Hawa diturunkan ke bumi dan dipisahkan Allah selama 200 tahun. Nabi Adam As diturunkan di India, sementara Siti Hawa di Jeddah. Setelah sekian lama memohon ampun kepada Allah, diperintahkannya untuk shalat subuh dua rakaat di Jabal rahmah, Arafah. Dan akhirnya mereka berdua bertemu kembali.

Jadi seperti itu, semoga terjawab ya dan makin semangat sholat subuh ke masjidnya. Jangan sampai sholatnya ganti niat jadi "subha", apa itu sholat subuh diwaktu dhuha. Masak sholat subuh tapi jam 7 gara-gara kesiangan. Ayo tunjukin umat Rasul yang cerdas dan bertaqwa.

Top