Logo HUT RI Ke-71 Mirip Infanteri AS. Netizen Ramai


Logo HUT RI ke-71 merupakan hasil seleksi atas sejumlah karya yang dikumpulkan melalui Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI). Karya desainer Aditya Yoga terpilih untuk dipakai sebagai logo tersebut.

Netizen belakangan ini ramai berpolemik seputar logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Indonesia. Logo tersebut, oleh sebagian orang, dianggap mirip dengan logo milik Infanteri 71 Amerika Serikat.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), sebagai pihak penyeleksi logo, pun angkat bicara terkait polemik tersebut.

"Kecenderungan desain logo ada kemiripan itu benar sekali. Apalagi kalau unsurnya angka. Di logo (HUT Kemerdekaan) ini cuma ada satu yang mirip (dengan logo infanteri 71 AS)," ujar Triawan Munaf, Kepala Bekraf, dikutip dari KompasTekno.

Dia kemudian menunjukkan hasil pencarian Google pada logo berunsur angka 45. Kebanyakan logo yang muncul dari hasil pencariannya dikatakan banyak yang mirip.

Baca Juga : [KETERLALUAN] Pemukul Guru SMKN 2 Makassar Malah Tertawa, Saat Didatangi Ratusan Siswa

Menurutnya, logo tersebut kebanyakan sama karena bentuk angka yang memang sudah baku.

"Kalau (memakai) angka tujuh, ya miring seperti itu," imbuhnya.

Logo HUT ke-71 Kemerdekaan Indonesia memiliki unsur angka dan lingkaran. Logo infanteri 71 AS, juga memiliki unsur tersebut.

Bedanya, HUT RI memakai lingkaran yang seolah terputus oleh goresan angka 7 dan 1, huruf "TH" di samping angka, tulisan "Indonesia Kerja Nyata", dan dominasi warna merah dan putih.

Sedangkan logo infanteri berbentuk angka 71 dengan warna biru dan lingkaran utuh berwarna merah.

"Beda kok. Kan logo infanteri 71 itu di dalam lingkaran utuh," tegasnya.

Memang bila diperhatikan logo yang memakai angka kebanyakan akan sama, namun memang desain logo diatas sebenarnya agak mirip juga, mengingat desain logo angkapun sebenarnya bisa bermacam-macam.
loading...
Top