Lima Keuntungan dan Ruginya Membeli Rumah Jadi atau Membangun Sendiri



Memiliki rumah sendiri biasanya merupakan dambaan setiap orang, apalagi pasangan muda yang baru saja menikah. Memang rumah merupakan kebutuhan pokok, diantara 2 kebutuhan lain yaitu makanan dan pakaian. Maka, memiliki rumah sendiri adalah impian bagi banyak orang. Namun, untuk memiliki rumah bukanlah hal yang mudah.

Selain keuangan, masalah dalam membeli rumah, juga datang dari aspek teknis. Misal lebih untung mana membeli jadi atau harus membangun sendiri?



Membeli rumah adalah salah satu keputusan terbesar. Satu kesalahan kecil saja bisa membuat anda menyesal. Nah, bagi Anda yang saat ini masih bingung cara mana yang paling menguntungkan untuk dilakukan, berikut referensi seperti dikutip dari Lamudi yang akan menganalisis untung rugi kedua pilihan ini.

1. Desain rumah

Salah satu kelebihan dari membangun rumah adalah kita bisa membuat sendiri desain rumah sesuka hati sesuai dengan kesiapan dana yang dimiliki. Namun hal ini akan bertolak belakang bila anda membeli rumah jadi dari developer, di mana bentuk atau desainnya telah ditentukan oleh pihak pengembang.

2. Waktu pembangunan

Bila ingin membangun rumah sendiri hal yang perlu diperhatikan adalah proses pengerjaan untuk membangun sebuah rumah. Saat ini memang banyak developer yang juga menawarkan kavling, tetapi bangunan belum ada, namun meskipun menunggu agak lama, dipastikan biaya yang anda keluarkan lebih sedikit. Bila anda membangun rumah sendiri paling tidak anda membutuhkan waktu minimal 14 bulan hingga rumah selesai dibangun sesuai dengan yang diharapkan.

Baca Juga : Kenapa Saat Kita beranjak Dewasa Waktu Terasa Lebih Cepat Berlalu?

3. Dana pembangunan

Tak hanya mmengenai waktu andapun dituntut untuk memiliki dana lebih bila ingin membangun rumah sendiri. Anda harus benar-benar pintar untuk mengelola dana untuk membangun rumah. Jangan sampai nanti dana yang dimiliki malah habis di saat proses pembangunan masih berlangsung. Tipsnya adalah pintar-pintarlah untuk memilih bahan bangunan yang murah namun berkualitas. Nah, susah juga ya?

4. Dari segi kepraktisan

Tentunya kelebihan memiliki rumah dengan cara membelinya adalah lebih praktis. Dengan membeli rumah, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan cara dan prosedur membangun rumah. Apalagi kini proses pencarian rumah bisa lebih mudah dengan adanya internet. Cukup duduk manis di depan laptop ataupun smartphone maka Anda bisa menemukan properti yang diincar. Memang praktis sih, namun juga perlu diperhatikan pula kondisi lingkungan sekitar.

5. Biaya tambahan

Memang bila membuat rumah sendiri akan lebih banyak pengeluaran tak terduga. Namun, membeli rumah siap huni juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah desain rumah yang tidak sesuai dengan keinginan. Kalau sudah begitu ceritanya, maka Anda harus mengeluarkan biaya khusus untuk merenovasi atau memperbaiki rumah. Nah, ada lagi ini. Para developer tak serta merta memberikan kepada anda rumah murah dengan kualitas yang bagus, secara saat ini semua bahan bangunan selalu mengalami kenaikan.

Nah, anda yang punya rencana untuk memiliki rumah, pertimbangkan segala untung ruginya. Jangan sampai menyesal kemudian.
Top