Laut Mati Telah 'Menyihir' Gaun Tua Ini Menjadi Patung Kristal

Laut mati memiliki kadar kalsium dan garam yang tinggi, sehingga bisa membuat seseorang mengapung dengan mudah. Selain itu, laut mati juga bisa ‘menyihir’ gaun tua menjadi sebuah patung kristal yang sangat cantik loh! Tidak percaya?



BACA JUGA: Duh.. Lagi-lagi Rokok! 20 Orang Bali Ini Menjalani Tipiring Karena Merokok di KTR

Dikutip dari Indozone, Seorang seniman bernama Sigalit Landau telah membuktikan betapa tingginya kandungan garam pada laut mati. Seniman itu membuktikannya dengan merendam sebuah gaun hitam bermodel 1920-an pada 2014 lalu.

Hal mengejutkan terjadi, setelah dua bulan ditbiarkan terendam, bentuknya berubah menjadi berkilauan layaknya patung kristal--namun ini terbentuk dari garam. Gaun yang digunakan Landau dalam pameran merupakan replika yang dikenakan karakter dalam cerita hantu Yahudi Hasidim, Dybbuk.

Dalam kisah tersebut, pengantin perempuan bernama Leah, kerasukan roh jahat laki-laki yang meminangnya, yang meninggal sebelum keduanya menikah. Seniman itu juga mengaku sangat tertarik dengan laut mati ini.



"Selama bertahun-tahun, aku mempelajari lebih dan lebih tentang tempat yang rendah dan aneh ini. Dan sihir masih ada di sana menunggu kita: eksperimen, ide, dan pemahaman baru," ujar Landau ketika bercerita tentang kekagumannya terhadap Laut Mati.

"Ini rasanya seperti bertemu dengan sistem waktu dan logika berbeda, layaknya planet lain. Ini terlihat seperti salju, gula, pelukan kematian, air mata yang membeku," ujarnya dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Live Science, Selasa (30/8).



Kini, gambar yang menunjukan transformasi kimia laut mati itu, sedang dipamerkan di Museum Marlborough Contemporary, London Sampai 3 September 2016 mendatang.
loading...
Top