Lakukan 5 Tips ini, Agar Si Kecil Cepat Bisa Berjalan



Menurut ahli tumbuh kembang anak, pada umumnya si kecil mulai bisa berdiri dan melangkahkan kaki untuk pertama kali saat mereka berusia 9-12 bulan dan mulai lancar berjalan saat usia mereka menginjak 14-15 bulan. Ayah bunda tak perlu khawatir jika di usia tersebut si kecil masih belum bisa berjalan, selama tidak ada kelainan fisik pada tubuh si buah hati. Sebagian anak normal lainya baru mulai berjalan sampai usia mereka 16-17 bulan.

Mengenal tahap perkembangan gerak si buah hati
Di 5 bulan pertama, kaki si kecil belum cukup kuat untuk menopang tubuh mereka, tapi jika ayah bunda memegang tubuhnya dengan posisi kaki dibawah dekat lantai, mereka akan berusaha mengerak-gerakan kaki mereka seperti mau berjalan. Gerak tersebut adalah gerak refleks yang biasanya mereka lakukan selama beberapa bulan pertama.
Setelah si kecil masuk usia 6 bulan kebiasa tersebut  akan hilang dan berganti dengan kebiasaan menekankan kakinya ke lantai seakan mau meloncat-loncat. Kebiasaan ini akan berlangsung selama beberapa bulan seiring dengan semakin kuatnya otot kaki mereka sembari si kecil berlatih berguling, duduk, dan merangkak.

Saat si kecil menginajak usia 9 bulan, umumnya mereka akan berusaha untuk belajar berdiri. Mereka akan menarik apapun yang ada didikatnya seperti kursi atau meja untuk menopang tubuhnya berdiri. Di usia 9-10 bulan, mereka akan belajar bagaimana cara menekuk lutut mereka dan bagaimana cara duduk dan berdiri.

Di usia 12 bulan mereka akan mulai bergerak dari satu tempat ke tempat lainya dengan memanfaatkan pegangan yang ada didekatnya. Beberapa anak di usia ini sudah bisa berdiri sendiri dan berjalan meski tertatih-tatih tanpa harus berpegang pada benda disekitarnya, jongkok dan membungkuk untuk meraih mainan di bawah dari posisi berdiri.

Baca Juga : [Pelajaran Bagi Orang Tua] Karena Dibentak Orangtua, Anak Ini Tubuhnya Dingin, Kaku dan Linglung

Tips mudah agar si kecil cepat berjalan
Jika ayah bunda merasa si kecil agak lambat berjalan, sebenarnya bunda tidak berlu khawatir selama tidak nampak kelainan pada fisik, terutama kaki si kecil. Terkadang beberapa anak perlu dimotivasi dan distimulasi agar berani berjalan. Dibawah adalah beberpa tips yang bisa dilakukan agar si kecil segera bisa berjalan.

1. Latih untuk berdiri tegak. Saat usia mereka 9-10 bulan, bantu si kecil untuk terbiasa berdiri tegak tanpa dipegang selama setengah menit. Jika si buah hati duduk terjatuh, motivasi dia untuk bangkit berdiri sendiri.
2. Pegang tangannya. Latih mereka untuk melangkahkan kakinya sambil tanganya dipegangi ayah bunda. Jika sudah memungkinkan biarkan tangan si kecil memegang satu tangan ayah bunda sebagai pegangan untuk berjalan.
3. Berdiri dalam box. Tempatkan si kecil dalam box tidurnya, bimbing mereka untuk berdiri dengan berpegangan pada dinding box dan pandu dia untuk berjalan menyusurinya. Selalu temani mereka saat belajar berjalan dalam boxnya untuk memastikan keamanannya.
4. Stimulasi dengan mainan. Letakan mainan kesukaanya dalam posisi tertentu, motivasi dia untuk mengambilnya dengan cara berjalan.
5. Mendorong. Saat si kecil belajar berjalan biasanya mereka menyukai aktifitas mendorong, jika memungkinkan berikan mereka mainan yang bisa didorong.

Bunda, terapkan 5 hal ini bila si kecil belum mengalami perkembangan signifikan pada usia 16-17 bulan. Karena seharusnya diusia ini sebagian besar anak sudah dapat berjalan dengan baik.
Top