Kisah Nyata : Mengejutkan, Arief Dicurangi Minimarket, ternyata Harga Struk Bisa Dirubah

Lagi-lagi cerita nyata, yang baru saja terjadi di salah satu dari dua minimarket yang paling terkenal di Indonesia ini. Kali ini sungguh miris, ternyata harga bisa dimark up dengan alasan donasi. Tanpa mengurangi keikhlasan kita, bukan curiga. Tapi kemana mengalirnya dana ini, seringkali kali kita diberitahukan jika ada kembalian di bawah Rp 500 untuk didonasikan. Namun kali ini berbeda, Arief tak diberitahu dan harga barang yang dibelinya langsung dimark up dan anehnya struk masih bisa diganti lagi. Cerita Arief selengkapnya melalui akun facebooknya,



Alfamart (lagi)

Hanya karena kepepet saya membeli sesuatu di kedua 'mart' terkenal se-Indonesia ini. Baru saja, saya membeli satu macam barang di Alfamart SPBU Jenggolo Sidoarjo. Harga tertera di rak 4.500 rupiah. Tetapi, di layar kasir total belanja saya 4.900 rupiah.

Dari pengalaman sebelumnya di Alfamart Semampir Surabaya, saya perhatikan layar kasir sejak awal. Tidak ada yg aneh. Tidak ada tambahan apa-apa.

Saya tanya, "Mas, kok jadi 4.900? Itu label di raknya 4.500."
"Nggak, Pak. Ini harganya," jawab si kasir.
"Saya ambil labelnya ya, lihat!" Saya berjalan menuju rak sambil meminta kasir memperhatikan dari mana saya mengambilnya. Saya angkat labelnya ke atas dan saya bawa menuju kasir.
"Ini, jelas 4.500, kan?"
Si kasir memanggil temannya, "Mbak, gimana ini?"
Yang dipanggil 'mbak' mendekat. "Ya, benar 4.500." Si mbak sambil tersenyum kecut menekan beberapa tombol mesin kas.

Blap!!!

Mata saya menangkap sekelebat tulisan di layar kasir : donasi.
"Kenapa kok jadi 4.900, Mbak?" Tanya saya.
Si Mbak dan Mas Kasir hanya tersenyum. Namun, senyumnya kecut. Lalu Si Mbak menyerahkan uang kembalian saya. Cepat-cepat dia meremas struk dan membuangnya.
Adakah yang janggal?

Saat ini, karena baru pertama di gerai yang ini, saya sudahi urusan dengan mereka. Semoga Alloh bukakan pintu petunjuk kebenaran. Lain kali kalau masih diulangi, kita sambung agak lama ya.


Baca juga ini kecurangan kasir ini : Waspadalah, Aksi Curang Kasir Minimarket ini, Cerdik Sekali

Begitu kata penutup Arief disertai kekesalanya. Kalo dipikir, bagaimana bisa seorang kasir mengganti harga, dan pula struk bisa diganti dengan yang harga yang lebih kecil. Apakah anda pernah mengalami hal ini? Sepertinya baru kali ini terjadi, oknum kasir diminimarket dengan sistem yang sudah baku seperti itu bisa mengganti struk dengan begitu mudah.
loading...
Top