Kisah Hidup: Orang Pertama yang Melakukan Transplantasi Kepala

Orang biasanya melakukan pergantian organ tubuh yang tidak berfungsi dengan melakukan transplantasi. Transplantasi sendiri sering dilakukan ke organ-organ tubuh dalam seperti ginjal dan lainnya. Tapi pernahkah kamu mendengar jika kepala yang di transplantasi? Seperti kisah pria berikut ini



Seperti yang dilansir dari instagram Indozone, Meskipun terdengar mengerikan, seorang pria bernama Valery Spiridonov sudah bertekat bulat untuk melakukan transplantasi kepala. Pria yang juga seorang ilmuan komputer ini mengalami Werdnig-Hoffman atau layu otot disekujur tubuhnya dan hanya bisa bergerak dengan menggunakan kursi roda.

Keadaannya Valery semakin memburuk hari demi hari. Tak hanya bergerak, ia juga kesulitan bernafas dan menelan. Sehingga, pria asal Rusia ini mempercayakan nasibnya kepada seorang dokter Sergio Canavero yang akan memotong kepalanya untuk dipasang ke badan yang sehat.



Valery secara sukarela mengajukan diri menjadi pasien percobaan Sergio untuk prosedur bedah tersebut. Tubuh barunya akan berasal dari seorang donor yang dinyatakan mati batang otak, tapi bertubuh sehat.

Selain ngeri, prosedur ini harus dilakukan dengan fasilitas bedah paling canggih yang tentunya sangat mahal yaitu mencapai 14 juta poundsterling (Rp 246 miliar). Rencananya prosedur ini akan dilakukan pada Desember 2017 mendatang.

Keren banget kan orang ini, bisa berani melakukan yang bahkan orang lain belum pernah mencobanya. Bagaimana menurutmu?


loading...
Top