Kiat Cepat Mengajari Balita Agar Hafal Al Qur’an



Semua pengajaran yang penting memang sangat dianjurkan untuk diajarkan semenjak buah hati kita masih kecil. Terutama pendidikan Agama, hal ini sebaiknya memang diajarkan kepada anak sejak dini atau saat mereka masih balita, karena mengukir di masa kecil bagaikan mengukir pada batu. Jadi memori anak masih fresh di masa-masa emas tersebut.

Dan di masa-masa tersebut sebaiknya diajarkan menghafal Al Qur’an, seperti contohnya surat-surat pendek yang ada di juz 30. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengajarkan anak menjadi orang yang mencintai al Qur’an serta mau menghafalnya.

Berikut adalah  Cara Cepat Mengajari Balita Hafal Al Qur’an, InsyaAllah,

1. BAYI (0 – 2 TAHUN)

~ Bacakan Al Qur’an dari surat Al fatihah
~ Tiap hari 4 kali waktu (pagi, siang, sore, malam)
~ Tiap 1 waktu satu surat diulang 3 kali
~ Setelah hari ke-5 ganti surat An Naas dengan cara yang sama
~ Tiap 1 waktu surat yang lain-lain diulang 1 x 2

2. DIATAS 2 TAHUN

~ Metode sama dengan teknik pengajaran yang sama pada bayi sebelumnya. Namun jika kemampuan mengucapkan kurang, maka tambah waktu menghafalnya, dari 5 hari menjadi 7 hari
~ Sering didengarkan murattal Al Qur’an

3. DIATAS 4 TAHUN

~ Mulai atur konsentrasi dan waktu untuk menghafal serius
~ Ajari muraja’ah/mengulang-ulang sendiri
~ Ajari menghafal sendiri
~ Selalu dimotivasi supaya semangat selalu terjaga
~ Waktu menghafal 3 – 4 kali perhari

InsyaAllah tiga cara diatas adalah metode sederhana yang cukup ampuh dalam membimbing seorang anak untuk bisa menghafal Al Qur’an, semoga kita sebagai orangtua atau wali yang bertanggung jawab, bisa sama-sama mencoba menerapkan atau mempraktekkannya kepada anak, adik, saudara atau membagikan kiat ini kepada orang lain.

Baca Juga : Bagaimana Melakukan SHALAT Sambil MENGGENDONG BAYI? Begini Caranya!

Ada sebuah doa yang bagus, dan sekiranya perlu kita lantunkan setiap kali memulai atau sesudah mengajarkan Al Qur’an pada anak, berikut doanya.

Allaahummaj’alna fii ahli Qur’an , Allaahumma baarik fi auladina wa dzurriiyatina bil Qur’an, Allaahummarzuqna istiqomah fi tilawatil wa hifzil Qur’an..Aamiin Allaahumma Aamiin

Yang Artinya : 

”Yaa Allah, jadikan kami sebagai ahlulQur’an, Yaa Allah, berkahilah anak & keturunan kami dengan Qur’an, Yaa Allah, berikanlah kami keistiqomahan dlm membaca dan menghafal Al-Qur’an. Yaa Allah, kabulkanlah doa dan permohonan kami.”
Tidak ada niatan untuk menggurui dalam hal ini penulis juga sama-sama belajar. InsyaAllah kebaikan diatas dapat mendekatkan kita dan anak-anak kita kepada Al Qur'an. Semoga semakin banyak dari kita yang lebih dekat dan memuliakan Al Qur’an. Aamiin.

Top