Ketika Si Kecil Tanya, "Mama Kenapa Kok Harus Sholat Tiap Hari?"...



Sering gak sih menyuruh anak sholat? Seneng banget kalau anak kita udah sadar kewajibannya buat sholat. Tanpa disuruh langsung berangkat. Tapi pernah gak sih tiba-tiba anak bertanya kenapa sih kok harus sholat tiap hari, 5 kali lagi..

BACA JUGA : Masyaallah. Ternyata Rahasia Mengapa Jumlah Rakaat Subuh 2 Karena..

“Males dehh. Ngantuk nih. Kenapa harus shalat segala.”

“Hah? Sehari lima kali? Repot amaaat.”

“Lagi tanggung nih. Bentaran deh. Udah level 29 gamenya"

Atau dengan alasan alasan lain yang merasa shalat adalah hal terberat yang harus di lakukan. Pasti gak jarang deh anak-anak kayak gitu.

Dan jika anak kita bertanya.

“Abi, Ummi. Kenapa sih kita harus shalat setiap hari. Iya. Setiap hari? Apa enggak bosen? Enggak pegel? Males deh.”

Nah. Kita sebagai orang tua. Saatnya waktu yang tepat untuk menjelaskan kepada anak kenapa sih kita mesti shalat segala??? Kita mau jelasin tapi bingung, gak yakin, atau takut salah ngomong. Nih kita baca dulu apa alasannya dan kita sampaikan ke anak dengan sabar dan kasih sayang.

BACA JUGA : Bocoran dari Allah Nih! Siapa Sih Jodoh Kamu Itu..

1. Shalat itu PR Allah Buat Kita

Ibarat si kecil memiliki PR. Kalau PRnya di kerjakan. Maka akan di senangi guru, akan di cintai guru dan tentu saja akan mendapat nilai terbaik sesuai dengan pengerjaan tugasnya. Begitu juga shalat. Karena shalat itu memang tugas dari Tuhan kita, dari Allah. Maka sudah seharusnya kita melakukan tugas itu supaya apa? Supaya kita di senangi Allah, supaya semakin di cintai Allah dan tentu saja. 

2. Shalat Bikin Kita Sehat lo

Kita bisa menjelaskan kepada anak kita bahwa shalat berdasarkan penelitian ilmiah memang menyehatkan. Baik saat rukuk, sujud, tahyat semuanya memiliki manfaat yang baik. Dan itu artinya shalat juga enggak sembarang ritual. Enggak sekedar berdiri, ruku, sujud. Dan selesai.

3. Shalat Ngajari Adek Buat Sabar

Kita juga bisa menjelaskan kepada si kecil bahwa. “Nak, shalat juga bisa melatih kesaraban kita loh.”

“Kesabaran gimana maksudnya?” Mungkin si kecil akan bertanya.

Iya. Jadi shalat juga melatih kesabaran kita. Kadang kita lagi maleees banget, ehh tiba waktu shalat. Kadang kita lagi buru-buru banget nih. Tapi imam bacaanya lambat. Nah itu mengajarkan kepada kita bahwa shalat juga bisa melatih kesabaran kita. Ingatkan juga bahwa "Innallaha ma'ashobirin"

4. Shalat Itu Waktu Istirahat Buat Kamu


“Shalat itu adalah tempat istirahatnya orang orang mukmin dan orang orang yang selalu melakukan kebaikan-kebaikan.” (mohon maaf jika redaksinya kurang pas)

Dan kita bisa menyampaikan kepada si kecil. Bahwa manusia memang terlalu sibuk. Sibuk bekerja lah, sibuk mencari nafkah lah, sibuk mengejar target, sibuk bermain, sibuk mengerjakan tugas, sibuk urusan duniawinya bagi orang dewasa. Nah, sungguh hebat sekali ya Allah mengatur hambanya dengan suruhan untuk shalat. 

5. Shalat Biar Semangat dan Gak Mudah Putus Asa

Kita sampaikan kepada si kecil. Betapa banyak kisah-kisah orang yang putus asa dalam menghadapi masalah hidup dan mereka mendapat solusi setelah melakukan shalat yang kusyu. Kita juga bisa menyampaikan bahwa banyak kisah-kisah nyata (baik yang di alami oleh teman kita, saudara kita atau bahkan kita sendiri) yang merasa terbantu, tercerahkan  setelah shalat dan akhirnya menemukan solusi ketika kita ada masalah dan kesulitan.

Nah itu lo cara menjawab pertanyaan si kecil. Jangan lupa cara menyampaikannya yang bener ya. Biar anak gak salah tangkap juga. Semangat mendidik keturunan Rasul menjadi umat dan hamba yang baik.

Top