Ketawa Ngakak, Sejumlah Pria di Iran Berhijab dan Unggah Fotonya di Internet



Sejumlah pria di Iran mengenakan hijab dan mengunggah fotonya di internet. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari aksi solidaritas mereka tentang aturan yang mewajibkan para wanita mengenakan hijab di publik.

Seperti yang dilansir oleh vemale.com, Iran menetapkan aturan agar para wanita memakai hijab sejak Revolusi Islam tahun 1979 lalu. Wanita yang tak pakai hijab atau yang "salah memakai hijab" bisa dijatuhi hukuman, mulai dari didenda hingga dipenjara.

Wanita yang tak memakai hijab dianggap berisiko mendapat pelecehan seksual dari para pria. Namun, sejumlah wanita ada yang protes dan tak terima dengan aturan diwajibkan berhijab. Beberapa di antara mereka bahkan memutuskan untuk menggunduli rambutnya agar bisa tampil di publik tanpa hijab.

Para pria yang tak setuju dengan aturan mewajibkan para wanita berhiijab pun akhirnya melakukan aksi protes sendiri. Mereka mengenakan kerudung lalu berfoto dengan istri atau kerabat wanitanya yang tak berhijab.


Masih Alinejad, seorang aktivis berdarah Iran dan bekerja sebagai jurnalis yang tinggal di New York inilah yang berinisiatif untuk mengajak para pria mendukung kampanyenya melawan aturan kewajiban berhijab. Ia meminta para pria mendukung kampanyenya dengan mengunggah foto diri mereka berhijab bersama wanita tak berhijab dengan menyertakan hashtag #meninhijab. Sejak kampanye ini dibuat tanggal 22 Juli lalu, Alinejad sudah menerima 30 foto pria berhijab.
loading...
Top