Kesulitan Bangun Untuk Shalat Subuh? Coba Sunnah Rasul Berikut Ini

Shalat adalah cara umat muslim beribadah. Shalat wajib yang harus dilakukan setiap hari atau biasa disebut dengan shalat fardhu ada 5 yakni shalat subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya’. Tapi diantara sholat-sholat itu, banyak yang meninggalkan sholat shubuh karena waktunya yang tiba pada pagi hari.



BACA JUGA:  Intip Yuk! Kehebatan Notebook Gaming ASUS dengan RAM 32Gb

Karena hukumnya wajib, mau tidak mau kita harus melaksanakannya. Nah sebenarnya mudah agar kita bisa bangun pagi untuk melaksanakan sholat subuh, ikuti saja 3 tips ampuh berikut ini.

Hindari begadang dan jangan tidur larut malam


Ini biasanya terjadi pada kaum lelaki. Mereka begadang dan ngobrol dengan tetangga hingga larut malam. Kalau sudah begini, pasti ngantuk waktu sholat subuh tiba.  Ini nasehat hadits yang menunjukkan larangan begadang.

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَالْحَدِيثَ بَعْدَهَا

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat ‘Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari no. 568)

Ibnu Baththol menjelaskan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak suka begadang setelah shalat ‘Isya karena beliau sangat ingin melaksanakan shalat malam dan khawatir jika sampai luput dari shalat shubuh berjama’ah. ‘Umar bin Al Khottob sampai-sampai pernah memukul orang yang begadang setelah shalat Isya, beliau mengatakan, “Apakah kalian sekarang begadang di awal malam, nanti di akhir malam tertidur lelap?!” (Syarh Al Bukhari, 3: 278).

Coba lakukan adab-adab sebelum tidur

Kebiasaaan berikut ini bisa dibilang cukup simple, tapi sulit untuk dilaksanakan
a- Tidurlah dalam keadaan berwudhu.
b- Tidur berbaring pada sisi kanan.
c- Meniup kedua telapak tangan sambil membaca surat Al Ikhlash, surat Al Falaq, dan surat An Nas, masing-masing sekali. Setelah itu mengusap kedua tangan tersebut ke wajah dan bagian tubuh yang dapat dijangkau. Hal ini dilakukan sebanyak tiga kali seperti pada Sunnah Nabi Muhammad SAW
d- Membaca ayat kursi sebelum tidur.
e- Membaca do’a sebelum tidur “Bismika allahumma amuutu wa ahyaa”.

Alarm

Kemajuan teknologi harus dimanfaatkan sebaik mungkin contohnya alarm. Untuk menyetel alarm, sebaiknya jangan diletakkan dibawah atau didekat tempat kita tidur. Bukan karena tidak kedengaran, tapi pasti akan langsung dimatikan

Nah, tidak sulit kan. Dengan cara diatas, dan diiringi niat serta doa pasti akan dimudahkan. Bagaimana menurutmu?
Top