Keren, "Rini" Wanita Misterius Didalam Lukisan Ir Soekarno

dipamerkan dalam rangka peringatan kemerdekaan yang ke-71.

Digelar di Galeri Nasional, Jakarta, sebanyak 28 karya dari 20 pelukis (plus satu Presiden yang melukis) dipamerkan.

Rini, begitu lukisan yang dibuat Presiden Soekarno, menjadi salah satu karya seni yang diminati pengunjung. Siapa sosok Rini hingga kini masih misterius, kata kurator.

Selain itu ada juga lukisan Gadis Melayu dengan Bunga yang dibuat Diego Rivera, seniman nomor wahid Meksiko yang konon diberikan oleh presiden Meksiko atas rayuan Soekarno.



Seorang wanita menghadap ke kanan, mata melihat ke bawah. Bibir tertutup rapat, rambut berwarna hitam, berombak (dikuncir), wajah berbentuk oval, kulit coklat cerah, dibelakang telinga kiri dipasang sekuntum bunga berwarna putih, merah, dan sedikit hijau (daun). Wanita tersebut memakai baju kebaya berwarna hijau muda lengan panjang dan memakai bawahan kain batik. Dengan pose duduk santai, tangan diletakkan diatas paha.

Posisi tangan bersilang (tangan kanan diatas tangan kiri). Tangan kanan ke depan, jari-jari kelihatan renggang. Sedangkan jari-jari tangan kiri tidak terlihat karena tertutupi oleh siku tangan kanan. Di bawah tangan kanan tampak sebuah buku tua berwarna coklat.




Demikian informasi yang dapat disajikan, patut kita apresiasi yang tinggi hasil kreativitas presiden pertama kita. 
loading...
Top