Kenapa Tata Krama Anak Jaman Sekarang Berbeda Dengan Jaman Dahulu? Ternyata inilah 6 Faktornya

Penulis Unknown | Ditayangkan 15 Aug 2016

Perkembangan anak dan akhlaknya sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekita begitu juga orang tua. Sadarkah kamu jika anak jaman sekarang beda banget dengan anak jaman dahulu terutama dalam hal tata krama.

Kenapa Tata Krama Anak Jaman Sekarang Berbeda Dengan Jaman Dahulu? Ternyata inilah 6 Faktornya

BACA JUGA: SETUJU? Apabila Dana Bantuan BOS Langsung Di Transfer Ke Siswa Tanpa Perantara Guru?

Anak yang masih sekolah menghabiskan sebagian waktunya dihabiskan disekolah, oleh karena itu para guru juga menjadi factor dalam hal ini. Tapi selain itu juga terdapat 6 faktor yang nyatanya membuat perilaku anak sangat berbeda dengan anak jaman dahulu, Seperti yang dikutip dari femina.

1. Sebagai insan yang hidup dalam dunia digital. Karenanya, digital life juga harus menjadi bagian dari sekolah. Bagi guru, mereka harus menguasai digital dan terbiasa menggunakan tool digital.

2. Anak harus berhadapan dengan orang-orang heterogen. Ada anak laki-laki dan anak perempuan, ada anak berkebutuhan khusus dan tidak.  “Untuk menangani anak berkebutuhan khusus, tentu guru juga harus punya kemampuan khusus, tidak bisa disamakan dengan anak-anak pada umumnya.”

3. Anak sekarang stimulasinya banyak sekali, hal ini membuat mereka lebih mudah bosan dan sulit berkonsentrasi. Untuk itu, metode pengajaran guru harus lebih kreatif, “Kalau perlu, cara  penyampaiannya harus sama serunya dengan tayangan teve yang disukai anak.

4. Anak sekarang dipaksa menjadi dewasa sebelum waktunya karena berbagai faktor. “Mereka dibombardir konsumerisme. Terpapar pornografi di usia yang sangat kecil. Dibombardir informasi yang semuanya belum tentu sesuai dengan masa tumbuh kembang mereka,” kata Najeela.

Dengan tantangan anak sekarang yang jauh lebih besar itu, ada dua pilihan: sekolah mau cuek saja, kehidupan berjalan sendiri dan guru hanya transfer ilmu saja.  Atau, memang mau jadi sekolah yang memenuhi kebutuhan anak-anak itu?” sindirnya. Tantangan terberat untuk guru, menurut Najeela, adalah bagaimana  mereka dapat act what they preach. Guru harus bisa jadi contoh. “Jadi pendidik itu memang tidak gampang,” kata Najeela.

5. Makin banyak program tontonan untuk anak,  baik itu televisi, layar lebar, maupun lewat gadget mereka. Bahkan, tak jarang anak menonton tayangan yang bukan untuk anak.

6. Tuntutan pelajaran sekolah anak sekarang jauh lebih berat. Kelas 1 SD sekarang ada 9 mata pelajaran wajib, yang dulu baru diberikan setelah kelas 3.

Nah, dengan fakta-fakta diatas, para orang tua pasti juga dituntut lebih keras dalam mendidik anak-anaknya. Bagaimana menurutmu?

SHARE ARTIKEL