Kenalilah 5 Tanda Awal Jantung Tidak Berfungsi Normal! Apakah Menimpamu?

Salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia adalah jantung karena fungsinya sebagai pemompa darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Pola makan yang salah dan jarang berolah raga menjadikannya rusak.



BACA JUGA: Ingin Putih Tapi Takut Pakai Krim Abal-abal? Coba Saja 4 Bahan Dapur Ini!

Ada tanda-tanda awal yang menandakan jantung kamu sudah rusak dan hampir menimpa sebagian orang. Inilah 5 tandanya yang telah dikutip dari vemale.

1. Rasa Sesak atau Nyeri di Dada

Salah satu penyakit arteri koroner adalah rasa sesak atau nyeri di dada. Gejalanya beda tipis dengan heartburn (gejala utama dari penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), yang terjadi ketika isi lambung kembali naik ke kerongkongan (Esofagus)). Selain itu, gejala nyeri juga bisa menjalar ke lengan, bahu, atau juga tenggorokan, rahang, punggung, dan leher.

2. Susah Bernapas

Susah bernapas juga bisa jadi gejala jantung bekerja tak normal. Gejala yang lain meliputi palpitasi (jantung berdebar-debar), letih, pusing, berkeringat, mual, dan detak yang tak teratur.

3. Dada Seperti Ditekan

Kalau kita merasa dada seperti ditekan atau seperti ada beban berat yang menekan dada, ini bisa jadi gejala jantung tak bekerja dengan baik. Jika merasa nyeri setelah berolahraga atau ketika stres berat, bisa jadi ada masalah dengan aliran darah di jantungmu.

4. Terengah-Engah

Kalau kamu gampang terengah-engah meski cuma baru melakukan aktivitas ringan atau saat sedang berbaring, ini bisa jadi gejala gangguan jantung. Bisa juga jadi indikasi gangguan katup jantung. Saat merasa capek atau pusing, penyebabnya bisa berkaitan dengan penyumbatan atau masalah katup jantung.

5. Rasa Lelah Tanpa Tahu Sebab Pasti

Sejumlah orang bisa mengalami masalah pencernaan atau sakit perut seperti diare ketika mengalami gangguan jantung. Selain itu, jika kamu tiba-tiba merasa capek luar biasa atau mengalami gangguan tidur, ini juga bisa jadi indikasi gangguan jantung. Merasa pusing, meriang, mual, atau berkeringat tiba-tiba juga bisa jadi indikasi aliran darah yang tak cukup.

Itulah guys 5 pertandanya.. Apakah kamu mengalaminya? Jika iya kamu harus ke dokter untuk memeriksakan kesehatanmu sebelum menjadi lebih parah.
Top