[Kasihan] Meski Berada di Arab Saudi, 10 Ribu Lebih Warga India Ini Krisis Makanan, Ini yang Terjadi


Sungguh miris nasib warga India di Arab Saudi ini. Arab Saudi yang terkenal dengan negeri yang kaya, tapi ada warga dari Negara lain yang untuk makan saja mereka susah.

Dikabarkan lebih dari 10 ribu warga India yang terkena PHK di Arab Saudi dilaporkan tengah menghadapi krisis makanan. Informasi ini disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) India, Sushma Swaraj.

Menurut Swaraj, jumlah besar warga India kehilangan pekerjaan di Arab Saudi. Situasi ini mengakibatkan mereka tidak memiliki cukup uang untuk membeli makanan, demikian dilansir BBC, Senin (1/8/2016).

Menghadapi situasi ini, masyarakat India di Jeddah serta pemerintah mendistribusikan makanan kepada warga India yang membutuhkan. Pemecatan ribuan warga India ini seiring dengan melambatnya laju ekonomi Arab Saudi akibat harga minyak terus merosot.

Swaraj mengimbau agar tiga juta masyarakat India di Arab Saudi dapat membantu warganya yang sedang membutuhkan makanan. Selain itu, Swaraj juga memastikan warga India yang terkena PHK tidak akan kekurangan makanan.

Baca Juga : Apa Pendapat Anda Bila Harga Sebungkus Rokok Lebih dari Rp 50.000?

Untuk mengatasi masalah ini, seorang menteri telah diterbangkan menuju Arab Saudi. Krisis makanan ini menyebabkan ribuan pekerja India minta dikembalikan ke negara asal.
Konsulat India di Jeddah telah mendistribusikan lebih dari 15 ribu kilogram makanan dengan bantuan warga negara India di kota. Kedutaan di Riyadh juga telah diminta agar mendistribusikan makanan sebanyak yang mereka mampu.

Berdasarkan laporan dari Pemerintah India, 800 pekerja mereka telah kehilangan pekerjaan di Saudi Oger, perusahaan konstruksi besar Saudi-Lebanon. Menurut Arab News, ratusan karyawan Saudi Oger mengaku belum menerima gaji selama tujuh bulan.

Wah, begitu banyak pekerja asal India di Arab Saudi, hingga dari ratusan pekerja yang di PHK dan beberapa ratus yang belum terima gaji, namun yang mengalami krisis makanan hingga puluhan ribu jiwa disana. Semoga negeri kita tak hanya handal dalam meyuplai tenaga kerja dan terus menggalakan usaha di dalam negeri baik skala kecil hingga besar agar dapat memberikan banyak manfaat kepada bangsa ini.
loading...
Top