Jika Punya Google Modular Smartphone, Kamu Nggak Perlu Pusing Beli Hp Baru Karena Bisa Upgrade Sepuasnya


Project Ara Modular Smartphone Google Concept Smartphone

Saat ini hampir tiap 3 bulan sekali berbagai merk gadget dari berbagai segmen dikeluarkan. Memang perkembangan dunia teknologi dan gadget rasanya nggak pernah berhenti. Para produsen teknologi dan gadget berlomba-lomba merilis smartphone terbaru dalam rentan tiga hingga enam bulan sekali dengan spesifikasi yang semakin hari semakin luar biasa.

So pasti kamu yang ingin mengikuti update dari ganasya persaingan para produsen inipun lama kelamaan juga kwalahan dompetnya. Setelah beli, eh udah muncul lagi type yang lebih baru, dengan desain dan performa yang lebih bagus.

Rasanya agak boros bila smartphone yang kita gunakan masih dapat dibilang canggih, cuma hanya karena kalah mutakhir dengan rilisan terbaru, kita harus membeli produk-produk keluaran tersebut. Padahal, harga smartphone yang canggih di pasaran saat ini cukup mahal, kisaran Rp 3 juta ke atas.

Well, untuk mengatasi masalah tersebut, Google melalui Project Ara berencana merilis Google Modular Smartphone. Yap, proyek garapan Google ini emang dipastikan sangat menarik dan juga ditunggu-tunggu, khususnya bagi para gadget freak. Pasalnya, sekali membeli smartphone ini, kita nggak perlu lagi membeli smartphone terbaru untuk mendapatkan fitur dan spesifikasi terbaru, tinggal bongkar-pasang aja. Karena nanti google modular smartphone ini punya visi,

1. Bisa gonta-ganti peranti

Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, smartphone satu ini merupakan jawaban bagi kita penggemar smartphone dengan spesifikasi mutakhir. Dengan ini, kita nggak perlu lagi membeli smartphone lagi hanya untuk mendapatkan spesifikasi terbaru dari sebuah smartphone. Tinggal bongkar pasang aja!

Google Modular Smartphone ini dibuat dengan konsep bongkar pasang. Maksudnya, smartphone ini bisa kita tukar-tukar peranti kerasnya, seperti RAM, memori, kamera, bahkan layar!

Baca Juga : Terungkap Pembuat 'Siapa Intip Facebook Kamu' Berasal dari Jawa Timur

Otomatis kita nggak perlu lagi membeli banyak smartphone hanya untuk mengejar spesifikiasi dan fitur terbaru. Cukup dengan Google Modular Smartphone dan peranti-peranti keras untuk smartphone, kita bisa dengan mudah meng-upgrade smartphone kita menjadi yang paling canggih.

2. Mengurangi peredaran pasar gelap

Banyak beredarnya smartphone di pasar gelap atau biasa disebut black market tentunya membuat pemerintah dan negara merugi dalam hal pajak. Hal inilah yang juga dipikirkan oleh Google dengan Project Ara melalui Google Modular Smartphone ini.

Kemungkinan para penjual ”nakal” dalam memasarkan produk satu ini di pasar gelap sangatlah kecil. Pasalnya, setiap smartphone akan tersinkronasi oleh Google, mulai dari nomor produk, data, dan sebagainya.

Jadi, ketika kita membeli Google Modular Smartphone dari black market, kemungkinan besar yang kita miliki itu adalah palsu alias nggak terdaftar di server Google.

”Dengan smartphone ini, nggak ada celah untuk pasar gelap memasarkannya secara ilegal. Jadi, pemerintah akan sangat terbantu melalu sistem keamanan Google Modular Project,” ungkap Rafa Camargo dari Google.

So, selain menghadirkan kecanggihan fitur dan spesifikasi di smartphone, Google Modular Smartphone ini juga membantu membatasi gerak para penjual gelap dalam meraup keuntungan yang merugikan negara.

Wah keren ya, jadi nggak sabar pengen memiliki Google Modular Smartphone ini. Sayangnya smartphone ini masih dalam tahap uji coba dan terus dikembangkan. Rencananya, Google Modular Smartphone ini akan dilepas secara umum pada tahun 2017 mendatang.
Top