Jangan Memandikan Anak Tiap Hari Jika Gak Mau...

Bayi dan ank-anak harus dijaga kebersihannya tiap hari karena kulitnya yang sensitive dan mudah sekali iritasi. Memandikannya setiap hari adalah salah satu inisatif orang tua untuk membantunya tetap bersih, tapi nyatanya tindakan itu salah.



BACA JUGA: Jenis Kulitmu Berminyak? Jangan Pernah Lakukan Ini

Berdasarkan pendapat peneliti yang dilansir dari laman yahoo.com, anak-anak dan bayi tak perlu mandi setiap hari karena mandi dapat mengikis kelembaban kulit dan memperburuk kondisi kulit, misalnya eksim.

Terdengar menyimpang dari kebiasaan, Tapi nyatanya The American Academy of Dermatology juga menyetujui hal ini. Anak-anak usia 6 hingga 11 tahun hanya perlu mandi satu hingga dua kali seminggu. Sementara untuk bayi, selama diapers rutin diganti dan 'bagian bawah' terjaga kebersihannya, tak perlu mandi seluruh badan. Hanya perlu diseka di bagian ketiak dan lipatan-lipatan kulit saja menggunakan lap basah.

"Sistem imun anak-anak dan bayi masih berkembang. Kuman-kuman di tubuh mereka befungsi untuk mengaktifkan sistem imun, agar lebih kebal melawan virus, bakteri dan kotoran lainnya," ujar Dr. Michael Welch dari American Academy of Pediatric.

Walaupun tidak dimandikan setiap hari, tapi jika anak anda terkena kotoran atau makanan yang dia tumpahkan kita harus tetap memandikannya ya agar tubuh anak anda tidak terserang kuman dan penyakit. Bagaimana menurutmu moms
Top