Jangan Bilang Tidak, 1 dari 5 Hal Aneh Ini Pernah Kamu Alami Saat Tidur

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 03 Aug 2016

Jangan Bilang Tidak, 1 dari 5 Hal Aneh Ini Pernah Kamu Alami Saat Tidur

Merupakan salah satu kebutuhan manusia, bahwa tidur itu memang harus diperhatikan baik waktu dan tempatnya. Biasanya suasana tempat ataupun yang lebih dominan adalah suasana hati atau fisik entah itu saat lelah setelah bekerja seharian dapat memberikan pengaruh besar terhadap kualiatas tidur.

Makanya terkadang ada hal-hal aneh yang kadang kita alami sejak momen memejamkan mata dan terbangun ini, bahkan beberapa di antaranya cukup mengerikan.

Hampir setiap malam, jika kita beruntung, kita akan tidur senyenyak bayi tanpa ada gangguan dan terbangun di pagi hari. Sayangnya, hal-hal aneh bisa terjadi saat kita tertidur, bahkan beberapa cukup mengerikan.

Menurut para dokter ahli tidur, dikutip dari kompas, ada beberapa hal aneh yang bisa kita alami sejak momen memejamkan mata dan terbangun. Kabar baiknya, semua hal itu normal dan tak perlu ditakutkan.

1. Merasa ingin jatuh


Jangan Bilang Tidak, 1 dari 5 Hal Aneh Ini Pernah Kamu Alami Saat Tidur
Biasanya sensasi ingin terjatuh ini terjadi saat kita baru saja tertidur. Ketika kita bermimpi, tubuh akan lumpuh, namun terkadang mimpi sudah dimulai saat tubuh belum masuk dalam periode "off". Tak heran jika kita akan mengalami rasa ingin terjatuh dari tempat tinggi (hypnagogic jerks).

Menurut W.Christopher Winter, pakar tidur, belum jelas mengapa yang dirasakan adalah sensasi terjatuh. "Biasanya ini terjadi saat kita sangat capek, kurang tidur, atau stres. Otak kita akan masuk siklus tidur secara agresif, tetapi tubuh tidak bisa mengejar," katanya.

2. Seolah lumpuh


Baca Juga : Tanam 6 Jenis Tanaman Ini di Rumah, Karena Manfaatnya Luar Biasa

Anda ingin bangun tidur tetapi menyadari tidak bisa menggerakkan otot atau pun berbicara. Kondisi ini bisa terjadi beberapa detik atau menit. Para ahli menyebutnya sebagai lumpuh tidur (sleep paralysis).

Lumpuh tidur merupakan kebalikan dari hypnagogic jerk, di mana otak sudah terbangun sebelum kelumpuhan yang menyertai tahap tidur dalam benar-benar hilang. "Sebagian orang merasa seperti ada gajah di dada dan tidak bisa bernapas. Ini terjadi karena otot yang mengontrol pernapasan masih lumpuh," kata Winter.

3. Jalan saat tidur


Jangan Bilang Tidak, 1 dari 5 Hal Aneh Ini Pernah Kamu Alami Saat Tidur
Hampir semua hal aneh yang terjadi ketika tidur tidak berbahaya, kecuali berjalan saat tidur. Ini karena bisa saja seseorang berjalan ke luar rumah atau menginjak benda tajam.

"Berjalan saat tidur terjadi ketika seseorang keluar dari tidur dan bisa menggerakkan tubuh, tapi tidak bisa membangunkan otak," kata Winter. Tak heran bila kebanyakan orang yang mengalaminya tak mengingat tindakannya saat terbangun.

4. Mengigau

Jangan Bilang Tidak, 1 dari 5 Hal Aneh Ini Pernah Kamu Alami Saat Tidur


Baca Juga : Saat Pria Bersedia Melakukan Semua Ini, Wanita Mana Yang Tak Relakan Hatinya?

Sekitar 5 persen orang dewasa mengoceh saat mereka tidur. Biasanya ini terjadi pada satu atau dua jam pertama setelah tidur, masa di mana tubuh masuk ke tahap tidur dalam tetapi masih bisa menggerakkan otot untuk memproduksi suara.

5. Mimpi berhubungan seks


Jangan Bilang Tidak, 1 dari 5 Hal Aneh Ini Pernah Kamu Alami Saat Tidur
Dalam sebuah penelitian pada 800 pasien klinik gangguan tidur, sekitar 8 persennya melaporkan pernah melakukan sexsomnia (berhubungan seks saat tidur).

Sexsomnia merupakan fenomena yang mirip dengan berjalan saat tidur, kita mulai terbangun dari tidur dalam sehingga bisa bergerak dan mungkin bicara, tetapi otak belum sepenuhnya sadar. Kemungkinan sexsomnia terjadi saat seseorang bermimpi tentang seks.

Mana yang pernah atau mungkin sering kamu alami saat tidur? Memang hal ini akan terjadi dan hal itu merupakan sesuatu yang normal. Jadi tenang saja.
SHARE ARTIKEL