Inilah yang Harus Anda Lakukan Bila Ada Semut atau Serangga Masuk Telinga


Tidak nyaman rasanya jika anggota tubuh kita kemasukan segala jenis benda, apalagi makhluk hidup yang bisa bergerak masuk ke organ tubuh lain. Dalam hal ini, serangga adalah jenis hewan yang paling mungkin untuk diam-diam masuk ke dalam tubuh, khususnya melalui saluran telinga. Mereka kecil dan punya ruang gerak bebas.

Jika tidak diatasi, situasi ini bisa berakibat fatal. Telinga bisa sakit, bahkan menyebabkan infeksi. Maka untuk mencegahnya, tips yang dilansir ehow.com ini perlu Anda ketahui.

1. Gunakan Senter


Pancaran cahaya dari lampu senter mampu menarik serangga untuk keluar dari saluran telinga mengikuti pergerakan arah sinar. Namun perlu diketahui, beberapa spesies serangga lainnya justru bertindak sebaliknya. Jadi, jika Anda merasakan sakit semakin parah, segera matikan lampu senter.

Baca Juga : Jangan Simpan Telur di Pintu Kulkas Ya..!! Ini Penjelasannya

2. Miringkan Kepala


Jika poin pertama dirasa tidak berhasil, cobalah untuk memposisikan kepala Anda miring menghadap ke atas. Sinar cahaya alami dari matahari mampu menarik serangga untuk keluar mengikuti ke arah sinar dan merangkak keluar dari saluran telinga.

3.  Minyak bayi atau minyak mineral


Cara lain untuk mengusir serangga dari telinga yakni dengan mengandalkan baby oil atau minyak mineral. Yang perlu Anda lakukan adalah teteskan minyak ke dalam liang telinga di mana serangga tersebut masuk. Setelah itu, putar kepala Anda untuk mengalirkan cairan minyak dan serangga keluar bersama-sama.

4. Air Hangat


Setelah serangga keluar dari telinga, Anda harus melakukan proses pembersihan telinga dengan menggunakan air hangat. Hal ini penting untuk mencegah adanya tanda-tanda perdarahan dan mengurangi risiko infeksi pada telinga.

Nah cukup mudah bukan, jadi jangan sembarangan mengorek telinga dengan benda-benda tertentu bila telinga kemasukan serangga.
loading...
Top