Ini Dia Planet yang Diduga Mampu Lindungi Manusia Dari Kiamat!

Kiamat atau hancurnya alam semesta beserta isinya pasti akan terjadi. Tidak ada yang tahu kapan tepatnya kejadian ini karena hanya Allah lah yang tahu. Tidak ada yang dapat menyelamatkan diri ketika hari ini terjadi, tapi seorang ilmuwan telah menemukan sebuah planet yang diklaim mampu menyelamatkan manusia ketika kiamat datang.



BACA JUGA: Buruk Akan Mendapat Balasan Ketika Di Tanah Suci?

Dikutip dari Merdeka, Sebelumnya, Ilmuwan pernah menyatakan jika planet Mars bisa dihuni manusia selain bumi, tapi ternyata bukan planet Mars yang dikira bisa melindungi manusia dari kiamat. Seperti Mars, planet yang diberi nama Proxima b ini mengandung air dan kondisinya mirip banget dengan bumi jika dilihat dari jarak dekat.

Proxima b mengelilingi bintang Proxima Centauri, bintang yang jaraknya paling dekat dengan matahari. Meski disebut 'dekat', jarak antara bumi dan Proxima b adalah 4 juta tahun cahaya atau 25 triliun mil.



Tapi ilmuwan mengatakan hal ini bukan masalah, sebab teknologi pesawat luar angkasa baru dengan kecepatan super bisa diwujudkan beberapa dekade lagi. Terlebih,NASA saat ini saja sudah mengetes roket pendorong 'SLS' yang bakal membawa pesawat ruang angkasa Orion ke Mars di tahun 2018.

Planet ini mempunyai komposisi daratan mirip Bumi dan didominasi oleh batuan. Ukurannya juga hanya 1,3 kali ukuran Bumi. Ingat semakin besar sebuah planet, gaya gravitasinya akan semakin besar dan berbahaya bagi manusia. Jadi dengan alasan itu pula 7 Miliar orang bumi bisa ditampung disana.



Jarak Proxima b hanya 7,5 juta kilometer dari bintangnya, Proxima Centauri. Jarak ini hanya 5 persen jarak Bumi dan matahari. Lalu, apakah hal ini tidak berbahaya? Jawabannya tidak.

Sebab Proxima Centauri bukan bintang cerah seperti matahari, melainkan bintang 'red dwarf' yang redup. Hasilnya, daratan planet ini suhunya -90 sampai 30 derajat Celcius. Walaupun suhu rendahnya terbilang ekstrem, namun lebih banyak planet yang lebih dingin atau panas.

Lalu apakah bisa planet ini dihuni manusia? Untuk saat ini mungkin masih mustahil, tapi perkembangan teknologi di masa depan bisa menutupi kekurangan ini.

Radiasi di Proxima b lebih tinggi dari Bumi karena jarak yang dekat dengan bintangnya. Hal ini juga membuat cuaca di Proxima b sedikit berbeda dari Bumi. Untungnya, planet ini memiliki atmosfer, air, karbondioksida, dan bebatuan bagi manusia untuk pertanian. Dan satu lagi, satu tahun di planet ini sama dengan 11-12 hari di Bumi.

Melihat tingginya peluang manusia bertahan hidup di planet Proxima b, ilmuwan dalam waktu dekat akan mengirim satelit khusus untuk mengamati planet tersebut. Ilmuwan juga berharap bisa menemukan sosok alien disana.

Wah.. apakah menurutmu bisa? Yang kita tahu, kiamat akan terjadi dan tidak ada satu orang pun yang bisa selamat darinya. Tapi siapa tahu..
loading...
Top