Industri Batik Gak Mau Kalah Memperingati HUT RI-71, Inilah Batik Khusus Untuk Memeriahkannya

Negara Kita Indonesia resmi merdeka pada Tanggal 17 Agustus 1945 oleh karena itulah disepakati jika tanggal 17 Agustus adalah hari ulang tahun Republik Indonesia. Banyak acara yang khusus diadakan pada tanggal ini untuk memeriahkannya, begitu juga di Industri Batik.



BACA JUGA: WOW! Tak Lama Lagi Manusia Super Akan Lahir! Beginilah Penampakannya

Seperti yang dilansir dari Indozone, Seorang perajin batik di Banyumas, Jawa Tengah, Slamet Hadi Priyadi, khusus membuat batik tulis tema kemerdekaan. Motif batik ini mengangkat tema upacara bendera dan juga perlombaan khusus khas 17-an seperti lomba makan kerupuk, panjat pinang hingga gebuk bantal.

Slamet sengaja gak buat banyak, hanya 10 lembar kain, "Tahun ini kita bikin 10 potong, ada dua motif, satu lomba-lomba dan satu motif upacara. saya buat sedikit karena 17-an hanya satu momen yang tak lama, sengaja saya bikin eksklusif." Untuk membuat tiap lembar kain, Slamet butuh waktu sekitar 2 bulan, mulai dari desain hingga jadi selembar kain. Harganya 700 ribu sampai 2 juta rupiah per lembar. Karya unik Slamet, laris diburu konsumen. "Bagus, unik, kreasi baru juga, bisa dikoleksi," komentar salah seorang pembeli, Sulis.

Motif langka seperti ini memang biasanya diburu pelanggan untuk dikoleksi, dan Slamet cukup jeli melihat peluang ini. Lewat batiknya, Slamet ikut meriahkan momen 17-an, sekaligus mendapat rupiah. Bagaimana menurutmu?
loading...
Top