HADITS : Menunaikan Ibadah Haji, Akan Membuat Seseorang Menjadi Kaya

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 10 Aug 2016

HADITS : Menunaikan Ibadah Haji, Akan Membuat Seseorang Menjadi Kaya

Menunaikan ibadah haji bila mampu baik secara materi, fisik, maupun rohani. Semua umat muslim yang telah dibukakan pintu rahmatNya pastilah ingin melaksanakan ibadah haji. Tapi ada juga umat muslim yang masih belum terbuka pintu hatinya, padahal secara materi ia mampu namun masih belum berkeinginan berangkat haji. Kadang mungkin ada sentilan dihatinya, menunaikan haji memerlukan biaya yang tak sedikit dan nantinya apa yang akan ia makan setelah menunaikan ibadah haji.

Namun, pemahaman ini sungguh salah kaprah. Tidak pernah dalam sejarah, pak haji dan bu hajjah yang telah berangkat haji jatuh miskin dan bangkrut. Yang ada, haji menghilangkan kefakiran.

Seperti hadits berikut dari Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ
“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih)

Baca Juga : INILAH PERTANYAAN MALAIKAT DI ALAM KUBUR YANG HARUS KAMU KETAHUI

Abul ‘Ula Al Mubarakfuri mengatakan bahwa yang dimaksud menghilangkan kefakiran ada dua bentuk:

1. Menghilangkan kefakiran secara lahiriyah, yaitu benar-benar diberikan kecukupan materi.

2. Menghilangkan kefakiran secara batin, yaitu maksudnya hatinya akan selalu dikarunia qona’ah (merasa cukup). (Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 3: 635).

Tak percaya? Silakan berhaji. Hadits di atas sudah cukup jadi bukti, begitu pun realitanya menunjukkan demikian. Ditambah lagi memang keutamaan berhaji begitu besar.

Semoga Allah mudahkan dan mewujudkan niatan kita semua yang ingin menunaikan ibadah haji. Aamiin.
SHARE ARTIKEL