Ganti Kacamata Hitammu Sekarang Jika Tidak Mau Hal Ini Terjadi

Ketika beraktivitas diluar ruangan, banyak orang yang melindungi matanya dengan memakai kacamata hitam. Kacamata Hitam memang berfungsi untuk mengurangi sinar UV yang masuk langsung ke mata, sehingga mata lebih sehat.



BACA JUGA: Geli Melihat "Durian Telanjang" Ini, Netizen Menyamakannya Dengan Ayam Trondol

Seperti kaca mata Biasa, Ternyata kaca mata hitam juga punya umur loh! Nah, jika kacamata hitammu sudah lebih dari umur yang ditentukan, maka sebaiknya cepat-cepat ganti kacamata hitammu ya!

Menurut penelitian terbaru di Brasil yang dipublikasikan dalam jurnal Biomedical Engineering OnLine, lensa dari kacamata dapat mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu karena sering terpapar sinar UV. Lama-kelamaan, fungsi untuk melindungi mata dari sinar UV akan berkurang.

Secara perlahan sinar UV dapat merusak kornea mata dan menyebabkan masalah penglihatan, bahkan dalam jangka panjang menimbulkan kerusakan permanen pada mata. Menggunakan kacamata hitam yang tidak tepat juga dapat menyebabkan edema atau mata bengkak. "Paparan UV dalam jangka panjang juga dapat merusak makula, bagian dari retina mata yang sangat bertanggung jawab pada fungsi penglihatan," ujar profesor Liliane Ventura dari Sao Paulo University.

Menurut para ahli, menggunakan kacamata hitam yang sudah tidak ampuh memberi perlindungan dari sinar UV, malah merusak penglihatan. Para peneliti mendorong adanya tes kualitas kacamata hitam dan menetapkan standar baru untuk batas aman filter UV yang dapat dipakai lebih lama. Mereka juga menganjurkan untuk mengganti kaca mata hitam setelah 2 tahun masa pemakaian.

Tidak melindungi mata dari sinar UV, ternyata juga mempercepat timbulnya katarak apalagi di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Nah, gunakan kacamata dengan bijak ya.. seperti ketika kamu keluar rumah, atau ketika jalan-jalan diwaktu pagi, siang dan sore hari agar matamu tetap sehat.
Top