Dunia Sudah Gila, Cyber Crime Merajalela



Kehadiran i-kios indomaret cukup membantu apalagi jika bertransaksi lewat kasir yang sedang sibuk akan memakan waktu, namanya juga swalayan jadi wajar jika pembeli dalam hal berbelanja melayalani diri sendiri.
Namun sistem POS pengisian pulsa milik perusahaan Waralaba indomaret diretas. Pelaku pembobol sistem IT ini akhirnya ditangkap oleh Subdit IV Cyber Crime Ditreskrimsus di Tulungagung Jawa Timur, Ahad (14/8) lalu.

Dilansir dari republika.co.id hasil laporan kantor pusat PT Indomarco Prismatama, terdapat laporan adanya pencurian pulsa pada sistem POS pengisian pulsa toko Indomaret sebanyak 13 unit di Jawa Timur dan Kalimantan.



Server pusat POS pengisian pulsa Indomaret telah diretas oleh NR, warga Tulungagung, Jawa Timur. Ia menggunakan alamat server pusat, kemudian masuk pada server cabang dan langsung menjalankan aplikasi POS pengisian pulsa dan sistem berjalan sendiri. Kemudian sistem mengikuti perintah untuk melakukan pengisian pulsa ke nomor handphone.

Kasubdit IV Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Roberto Pasarib, mengungkapkan, tersangka NR berhasil menyedot pulsa indomaret selama enam jam mencapai Rp. 11.600.000 di sembilan cabang Indomaret di Kalimantan dan Jawa Timur.

Barang bukti yang diamankan tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di antaranya satu buah KTP, dua buah buku tabungan, dua buah kartu ATM ,17 buah sim card dengan berbagai macamprovider, satu unit laptop, satu unit HP blackberry, dan dua unithandphone merek Iphone.

Memang sekarang harus lebih berhati-hati. Dunia sudah menakutkan dari biasanya. Jaga diri baik-baik agar keluarga tenang di rumah.

Top