Diluar Dugaan! Berdasarkan Hasil Survey Ternyata Warga Israel Ingin Palestina Merdeka


Dalam sebuah jajak pendapat ditemukan fakta bahwa. Mayoritas warga Israel mendukung penyelesaian konflik dan berdamai dengan Palestina. Mereka berharap agar Israel dapat bertetangga secara harmonis dengan Palestina.

Jajak pendapat ini diluncukan beberapa saat selepas Otoritas Israel memberikan izin terkait rencana perluasan pendudukn di Hebro, wilayah Tepi Barat.

Dilansir oleh dream.co.id, Survei ini dilakukan oleh pakar politik, Tamar Hermann dari Institut Demokrasi Israel bersama dengan Khalil Shikaki dari Pusat Kajian dan Survei Kebijakan Palestina.

Wawancara dilakukan kepada 1.270 warga Palestina dan 1.184 warga Israel, pada bulan juni yang lalu. Bata toleransi kesalahan pada survei ini hanya sebeesar tiga persen (3%).

Hasil dari Survei tersebut cukup mengejutkan, ternyata 51 persen warga Palestina dan 59 persen warga Israel tetap mendukung penyelesaian dua negara atas konfilk Israel-Palestina.

Hermann mengatakan, hasil ini tidak terlalu mengecewakan. " Ini menunjukkan dasar adanya optimisme pada pemimpin yang tepat," kata Hermann.

"Saya tidak melihat adanya dua pemimpin yang ingin menggunakan hasil jajak pendapat ini untuk mengintensifkan negosiasi. Tapi ini bukan berarti tidak mungkin," ucap dia.
Top