Coba 6 Tips Ini, Agar Nasi di Rice Cooker Tak Mudah Basi dan Kering


Di jaman yang serba praktis ini memasak nasipun tak perlu repot seperti jaman dulu harus hidupkan kompor dan memakai dandang. Saat ini telah ada ricecooker yang dapat menghemat waktu serta tenaga kita dalam menanak nasi. Tinggal cuci, taruh didalam beri air, dan tunggu sejenak. Nasi akan siap saja dalam beberapa menit.

Tapi, sayangnya nasi yang dimasak di rice cooker akan lebih mudah basi, berwarna kuning atau bahkan teksturnya jadi kering dan keras. Lantas, bagaimana dong agar nasi yang dimasak di rice cooker dan dihangatkan di sana tak mudah basi, kuning atau kering? Buat kamu yang ingin memiliki nasi tetap enak, putih dan teksturnya tak kering saat dimasak di rice cooker, jadi begini tipsnya dikutip dari vemale.

1. Manfaatkan Jeruk Lemon

Sebelum memasak nasi, usahakan untuk menambahkan beberapa tetes air jeruk nipis ke dalam beras. Air jeruk nipis selama ini dipercaya bisa membuat tekstur nasi akan semakin lembut dan sesuai dengan lidah kita, warna nasi menjadi lebih putih dan ia pun tak akan mudah basi atau kering.

2. Cuci Beras Hingga Bersih

Usahakan untuk mencuci beras hingga bersih sebelum memasak. Mencuci beras hingga bersih tak hanya akan membuat nasi menjadi bersih dan putih. Lebih jauh, hal ini juga memungkinkan nasi yang dihasilkan akan semakin enak dan ia pun tak mudah basi serta kering.

3. Air Cukup Buat Memasak

Pastikan bahwa kamu memakai air yang cukup buat memasak nasi di rice cooker. Jangan sampai air yang digunakan kelebihan atau kekurangan.

Baca Juga : Banyak Yang Tak Tahu, Manfaat Daun Ini Sangat Ampuh Atasi Demam, Batuk dan Penyubur Rambut. Ini Caranya

Air yang berlebihan akan membuat nasi lembek dan mudah sekali basi. Sementara penggunaan air yang kurang, hal ini akan membuat nasi menjadi kering dan keras.

4. Masak Buat Sekali Makan

Agar nasi selalu fresh dan enak, disarankan agar kamu masak buat sekali makan. Masak sekali makan tak hanya akan membuat nasi yang dimasak fresh dan enak, lebih jauh hal ini dipastikan akan mencegah nasi basi, nasi kuning atau nasi kering. Tapi ingat, nasi yang tetap fresh adalah nasi yang setelah nasi masak langsung dimakan. Hindari menanak nasi di pagi hari sementara makannya di sore hari atau bahkan malam hari. Usahakan untuk masak di pagi hari buat makan pagi, masak siang buat makan siang dan seterusnya.

5. Aduk Nasi Saat Memasak

Jangan lupa buat mengaduk nasi saat proses memasak terjadi. Mengaduk nasi ini tujuannya agar nasi matang sempurna dan rata. Selain itu, mengaduk nasi saat proses memasak juga akan membuat tekstur nasi menjadi lebih lembut serta sesuai dengan lidah.

Baca Juga : Hindari Konsumsi Makanan Ini Saat Flu, Agar Cepat Sembuh

Kita pun akan tahu apakah nasi bakal kelebihan air atau kekurangan air. Mengaduk ini juga memungkinkan uap air yang ada di sela-sela nasi dapat tersebar rata.

6. Gunakan Rice Cooker Berkualitas

Tips selanjutnya agar nasi tak mudah basi, kering atau kuning adalah pastikan untuk menggunakan rice cooker yang berkualitas. Pastikan bahwa rice cooker yang kamu gunakan untuk memasak dalam kondisi baik dan terdiri dari elemen-elemen yang baik pula. Jangan sampai, rice cooker yang kamu pakai adalah rice cooker yang mengalami kerusakan baik di satu elemennya atau di beberapa elemannya.

Terapkan tips diatas agar nasi yang dimasak di rice cooker tak mudah basi, kuning serta kering. Oh iya, selain tips di atas, tips lain yang tak boleh kamu lewatkan adalah pastikan untuk tidak menyimpan nasi dalam waktu yang lama dalam rice cooker. Bila ingin nasi tak kering, kamu bisa mencopot colokan rice cooker lalu membuka tutupnya dan membiarkan nasi dingin. Jika ingin makan dan nasi hangat, kamu bisa kembali memanaskan nasi. Usahakan pula untuk selalu menjaga kebersihan rice cooker baik kebersihan di bagian dalam juga kebersihan di bagian luar.
loading...
Top