Cara Mudah Hilangkan Tulang Ikan Yang Tersangkut di Tenggorokan Saat Makan


Sedang asyik-asyiknya makan ikan kesukaan, eh malah duri ikan tersangkut di tenggorokan. Kesel nggak sih. Suasana makan yang asyik menjadi terhenti karena hal itu.

Oke, mari kita bahas bagaimana cara menghilangkan tulang ikan di tenggorokan ini. Ketulangan tulang ikan sebenarnya tidak berbahaya. Hanya saja jika dibiarkan terlalu lama dikhawatirkan akan menyebabkan luka dan infeksi pada tenggorokan. Jika infeksi ini tidak segera di tangani maka berisiko menyebabkan kematian. Pada tenggorokan sendiri sebenarnya ada enzim yang dapat menghancurkan tulang ikan, hanya saja hal itu membutuhkan proses dan prosesnya tergantung dari besar kecilnya ukuran tulang ikan.

Cara terbaik untuk menghilangkan ketulangan tulang ikan adalah dengan memeriksakannya ke dokter THT. Dokter THT memiliki alat tersendiri untuk melihat kedalam tenggorokan sehingga posisi tulang ikan mudah diketahui, selain itu mereka juga memiliki alat yang dapat mengambil tulang ikan bahkan walaupun jauh di dalam tenggorokan. Namun sebelum pergi ke dokter THT, ada baiknya anda mencoba beberapa cara menghilangkan ketulangan tulang ikan berikut ini.

Cara Menghilangkan Ketulangan Tulang Ikan

1. Jangan coba-coba mengeluarkannya menggunakan tangan yang dimasukkan ke tenggorokan karena hal itu bisa menyebabkan infeksi dan cedera pada kerongkongan anda terlebih lagi kita tidak dapat menjamin kebersihan tangan kita.

2. Cobalah untuk minum segelas air, tapi perhatikan juga efeknya. Jika dirasa ada efek yang positif sebaiknya diteruskan tapi jika tidak ada perubahan sebaiknya dihentikan sebab hanya akan membuat anda perut kembung. Cara ini hanya efektif untuk tulang yang menempel di tenggorokan dan menempelnya tidak terlalu kuat.

Baca Juga : [Sakit Telinga] Inilah Penyebabnya, Dan Ketahui Penangananya!

3. Cobalah untuk batuk agar durinya keluar, jika dirasa tidak berpengaruh sebaiknya dihentikan karena jika terlalu lama dikhawatirkan akan membuat tenggorokan jadi meradang.

4. Ambilah segenggam nasi kemudian padatkan dan jadikan gumpalan. Telan gumpalan nasi tersebut tanpa air. Dengan begitu tulang akan menancap pada nasi dan ikut terbawa ke lambung.

5. Selain nasi anda juga bisa menggunakan pisang. Sama seperti nasi, pisang yang anda makan jangan dikunyah. Cukup dipotong menjadi beberapa bagian besar yang dirasa anda sanggup menelannya kemudian telan. Duri yang menancap pada pisang akan terbawa ke lambung.

6. Cara lainnya adalah dengan menelan bolu dengan ukuran yang besar. Tulang yang terkena bolu akan terbawa ikut ke lambung.

7. Jika dirasa cara-cara di atas tidak berhasil, sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter THT. Karena dikhawatirkan tulangnya menancap cukup kuat dan ditakutkan ada peradangan dan infeksi pada tenggorokan.

Sebenarnya dari 6 cara di atas mungkin kalian sudah pernah mencobany sewaktu terkena duri ikan. Namun mungkin kadang tak berhasil, karena kita juga tidak tahu persis bagaimana posisi duri ikan tersebut dalam tenggorokan kita. Nah, jika memang dirasa seperti itu sebaiknya periksakan sakit itu ke dokter THT.

Top