Berani Merantau, 11 Manfaat Ini Yang Akan Kamu Dapatkan


Ketika akan kuliah (merantau) ke kota lain tentunya sangat menyenangkan bagi seorang remaja. Yang membuatnya senang adalah merasa bebas, mau melakukan apapun tidak ada yang melarang, tidak ada lagi yang memarahinya saat pulang terlambat, keuangan pun diatur sendiri, dll.

Namun, level masalah yang dihadapinya pun semakin tinggi. Ia harus melakukan semuanya sendiri, tak ada lagi orang tua yang biasa mengurusnya. Dan saat merantaulah ia banyak belajar. Berikut manfaat saat seseorang merantau.


1.Menjadi orang yang mandiri


Jauh dari orang tua membuat kamu menjadi orang yang mandiri, setiap hal yang akan kamu lakukan, akan kamu lalukan sendirian. Ini yang membuat kamu tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Bagi mereka yang tinggal dengan orang tua kemungkinan jarang mampu melakukannya.

2.Menjadi orang yang bertanggung jawab


Kamu dipercaya untuk tinggal berjauhan dengan orang tua adalah sebuah tanggung jawab yang besar dan ini harus dijaga. Hanya orang perantau yang tahu bagaimana menjaga kepercayaan tersebut.


3.Mudah beradaptasi dengan lingkungan


Pada saat merantau kamu akan merasakan dan mengalami banyak perbedaan budaya, seperti logat bahasa, gaya hidup, cara bergaul, dll. Apalagi jika jarak kampung dengan tempat kamu merantau terpaut sangat jauh, pasti budayanya sangat berbeda. Mungkin awalnya akan terasa aneh saat berada di lingkungan baru dengan budaya seperti itu. Saat itulah kamu akan mengerti bahwa di setiap lingkungan ada budaya yang harus dipahami. Tentunya kamu akan belajar untuk bisa beradaptasi dengan sebuah lingkungan baru. Dan saat pergi ke lingkungan yang berbeda lagi, kamu sudah bisa beradaptasi dengan cepat. Pastinya anak perantau sudah tau caranya beradaptasi dengan baik.

4.Bisa survive (bertahan hidup)


Saat uang mulai menipis, persediaan beraspun hampir habis. Sementara kiriman dari orang tua baru datang 2 minggu lagi. Cara yang sering dilakukan adalah meminjam uang pada teman yang punya duit lebih dari kita atau menjalin silaturahmi ke kontrakan teman yang punya beras masih banyak. Saat jauh dari orang tua, kamu akan melakukan segala hal untuk bisa bertahan. Dan inilah yang membuat kamu menjadi lebih tahan terhadap halangan dan rintangan karena terbiasa melakukan segala hal dengan sendiri, tanpa bergantung sepenuhnya pada orang tua.


5.Menyukai tantangan


Tinggal di sebuah lingkungan baru akan mempertemukanmu dengan berbagai macam halangan dan rintangan. Tak ada orang tua, mungkin hanya teman atau tetangga yang dapat membantu. Sehingga cepat atau lambat kamu akan mampu mengatasi halangan dan rintangan tersebut karena sudah terbiasa menghadapinya.

6.Berani mengambil risiko


Saat orang-orang mengambil keputusan dengan keraguan dan terlalu banyak pertimbangan, kamu akan menjadi karakter yang lebih berani dalam memutuskan sesuatu. Karena selama di perantauan kamu sudah terbiasa dengan hal tersebut dan mempertimbangkan segala risiko yang akan kamu hadapi.

7.Lebih mudah mengikhlaskan sesuatu 


Selama menjalani kehidupan di tanah rantau, pasti banyak hal yang berjalan tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Saat kamu berada bersama orang tuamu mungkin kamu bisa mencari jalan pintas dengan memanfaatkan relasi yang dimiliki orang tua kamu. Tapi di tanah rantau kamu akan belajar makna dari sebuah keikhlasan ketika hal yang tidak kamu harapkan terjadi.


8.Memiliki manajemen diri yang lebih baik


Uang yang dikirim orang tua harus dapat kamu perhitungkan hingga kiriman selanjutnya. Kamu akan mengelola keuangan sendiri dan mengelola waktumu sendiri. Ini akan menjadikanmu manajer terbaik untuk dirimu sendiri.

9.Lebih percaya diri dari sebelumnya


Jika sebelum merantau kamu adalah orang yang pemalu dan tidak percaya diri, dijamin setelah merantau kamu akan menjadi lebih 'PeDe'. Mungkin sebelumnya kamu tidak 'Pede' saat berkomunikasi dengan orang baru, bertanya alamat pada orang yang tidak dikenal, menyetor uang di Bank, mengurus surat tilang, mengurus surat-surat yang kamu perlukan, dll. Maka diperantauan mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus melakukan itu. Mungkin awalnya akan ada teman yang memandumu dan setelah itu kamu mulai terbiasa. Sehingga hal yang sebelumnya membuatmu tidak 'Pede' akan menjadi hal biasa kamu lakukan di perantauan.

10.Melihat sesuatu dari berbagai sisi


Bagi mereka yang belum pernah merantau, mereka akan terbiasa melihat hanya dari satu sisi saja. Tapi bagi kamu yang sudah lama merantau akan melihat sesuatu dengan sisi yang berbeda. Karena kamu sudah terbiasa hidup dengan berbagai budaya dan pemahaman, terbiasa bergaul dengan banyak pola pikir dan watak yang berbeda. Hal-hal yang seperti itu akan membuatmu dapat memahami sesuatu dari berbagai sisi.


11.Tidak menjadi sosok yang arogan


Mungkin saat berada dikampung halaman, semua orang mengenal kamu karena bapakmu adalah petinggi di desamu. Akan tetapi di tanah rantau kamu memulai semua dari nol, tidak ada latar belakang yang membangun penilaian terhadapmu. Semuanya kamu sendiri yang memulai. Di saat itulah kamu akan belajar membangun relasi dengan teman atau tetangga di perantauan. Dan sosok aroganmu yang terbawa dari kampung perlahan akan mulai terkikis. Karena temanmu akan menjauh bila kamu masih menonjolkan sifat arogan.

Dilansir dari jelajahsehat.com Berbahagialah kalian yang diberi kesempatan untuk bisa merantau. Tidak banyak orang yang bisa merasakan hal tersebut dan sebagaian besar hal di atas pasti kamu rasakan. Sedangkan bagi kamu yang saat ini masih bersama orang tua, tidak ada salahnya mencoba hal yang baru. Keluar dari zona nyaman untuk membangun karakter menjadi lebih baik.
Top